Walikota Batu Mengikuti Verifikasi Lapangan Penyelenggaraan Anugerah Parahita Ekapraya tahun 2021

Wali Kota Batu, Hj Dewanti Rumpoko [KMF]

KOTA BATU, RadarBangsa.co.id – Wali Kota Batu, Hj Dewanti Rumpoko, mengikuti acara verifikasi lapangan penyelenggaraan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2021, yang digelar Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia secara virtual di Ruang Rapat Utama Balaikota Among Tani, Senin (22/03).

Verifikasi lapangan yang dilangsungkan secara virtual ini juga turut diikuti oleh Sekretaris Deputi Kesetaraan Gender Bidang Infrastruktur dan Lingkungan Kemen PPPA RI, Niken Kiswandari, serta Tim Verifikator Lapangan Implementasi Strategi Pengarusutamaan Gender (PUG) Kemen PPPA RI.

Bacaan Lainnya

Niken Kiswandari menyampaikan bahwa Pengarus Utamaan Gender sebagai isu lintas sektoral dan berpengaruh langsung terhadap capaian pembangunan manusia, menjadi tanggungjawab bersama.

“PUG merupakan strategi yang disepakati. Baik di tingkat global, nasional maupun daerah, untuk memastikan isu gender masuk pada prioritas pembangunan segala bidang yang dilakukan,” kata Niken.

Kegiatan ini bertujuan untuk melihat lebih dalam data dan informasi pengakuan gender, berdasarkan pengisian formulir evaluasi. Sehingga tim dapat memperoleh data yang lebih lengkap, komprehensif, dan objektif. Ini sebagai bahan penyusunan Indeks Persamaan Gender, yang merupakan dasar pertimbangan dalam menominasikan calon penerima Anugerah Parahita Ekapraya (APE).

APE merupakan penghargaan yang diberikan kepada kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak, serta memenuhi kebutuhan anak. Penghargaan ini sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah, dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam Strategi Pengarusutamaan Gender (PUG).

Dalam pertemuan virtual ini, Walikota Batu menyampaikan apresiasinya kepada Kemen PPPA RI yang telah menginisiasi terselenggaranya Anugrah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2021, sebagai salah satu bentuk nyata penghargaan bagi pencapaian kesejahteraan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak di daerah.

“Semoga bisa tercapai tujuan kami untuk menyetarakan. Tidak ada kesenjangan antara laki-laki dan perempuan,” pungkas Dewanti.

(RB/Kmf)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *