Ada Apa di Balik Sholat Dhuhur Berjamaah Bagi Babinsa Kelurahan Joyontakan

0
53

Surakarta,radarbangsa.co.id – Bertempat di Masjid Riyadhul Fallah Jl Yos Sudarso Rt. 03/Rw.IV Kel. Joyotakan Kec. Serengan Kota Surakarta Babinsa Joyotakan Serda Rohmad melaksanakan Sholat Dhuhur berjamaah di lanjut Komsos dengan jemaah Masjid dan di bulan yang penuh berkah ini, banyak sekali umat muslim yang melaksanakan ibadah -ibadah, seperti sedekah, tadarus Al Quran, Sholat Tarawih, Sholat wajib dan pengajian di Masjid, semua itu, hanya mengharap Ridho dan pahala yang berlipat ganda dari Alloh SWT (23/5/2019)

Seperti kegiatan Siang ini yang dilaksanakan Babinsa Kelurahan Joyotakan Koramil 03/Serengan Kodim 0735/Surakarta, Serda Rohmad yang hadir ditengah tengah masyarakat bersama sama melaksanakan Komsos sekalian Sholat Dhuhur berjamaah di Masjid Riyadhul Fallah di Kecamatan Serengan dilanjutkan bincang bincang dengan takmir masjid dan di kasih penggertian tentang TA’AWUN SYAR’I DAN HIZBI Oleh Markaz al-Imam al-Albani. Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan kita untuk saling berta’awun (bekerja sama) di dalam kebajikan dan ketakwaan, dan melarang dari saling berta’awun di dalam perbuatan dosa dan permusuhan. Allah Jalla wa ‘Ala berfirman.
وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَىٰ ۖ وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۖ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ
“Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya.”[al-Ma’idah/5:2]

Pertama, Ta’awun yang syar’iy di dalam kebajikan dan ketakwaan merupakan kalimat yang mencakup seluruh kebajikan, yang akan membawa kebaikan bagi masyarakat muslim dan keselamatan dari keburukan serta sadarnya individu akan peran tanggung jawab yang diemban di atas bahunya. Karena ta’awun di dalam kehidupan umat merupakan manifestasi dari kepribadiannya dan merupakan pondasi di dalam membina perabadan umat.

Al-Hafizh Ibnu Katsir rahimahullah berkata di dalam Tafsir Al-Qur’anil Azhim (II/7) menafsirkan ayat diatas [al-Ma’idah ayat 5/2

“Allah Ta’ala memerintahkan hamba-hamba-Nya yang mukmin agar saling berta’awun di dalam aktivitas kebaikan yang mana hal ini merupakan al-Birr (kebajikan) dan agar meninggalkan kemungkaran yang mana hal ini merupakan at-Taqwa. Allah melarang mereka dari saling bahu membahu di dalam kebatilan dan tolong menolong di dalam perbuatan dosa dan keharaman.

Kegiatan ini rutin dilakukan Babinsa Koramil 03/Serengandi mana dalam kesibukan nya masih bisa menyempatkan untuk komsos dengan ,masyarakat dan di lanjutkan sholat Dhuhur berjamaah guna terwujud hubungan antara Babinsa dan masyarakat di wilayah binaanya sehingga akan terjalin komunikasi dengan baik.

Diharapkan dengan hadirnya Babinsa di tengah-tengah masyarakat dapat tercipta situasi yang aman dan kondusif serta dapat terjalin hubungan yang harmonis terutama dengan mitra karibnnya, Dengan demikian dapat membantu tugas pokok Babinsa di wilayah masing masing .

Dengan terjalinnya hubungan yang baik antara TNI dengan Rakyat diharapkan pula dapat menjadi kekuatan yang dahsyat bagi Bangsa dalam menghadapi setiap ancaman baik yang datang dari dalam maupun dari luar.

(Agus Kemplu Pendim 0735 Surakarta/Red)

LEAVE A REPLY