Home / BERITA HARI INI / Ada Sebab Berdampak Akibat, Nasib Tariq Belum Keluar Mungkin Nambah Lagi
(Kiri) Tariq Hidayat Bin Meseriadi Berbaju warna warni seperti pelang (kanan) Anggota Polres Lamongan Saat pengawalan Tersangka di Kejaksaan Negeri Lamongan

Ada Sebab Berdampak Akibat, Nasib Tariq Belum Keluar Mungkin Nambah Lagi

LAMONGAN. Radarbangsa.co.id –  Tariq Hidayat Bin Meseriadi (29) warga Jalan KH.Ahmad Dahlan 90 RT.02 RW.08, Kelurahan Tlogoanyar, Kecamatan / Kabupaten Lamongan adalah terdakwa yang menjalani vonis hukuman selama 3 (tiga) tahun karena kasus tindak pidana penipuan, kali ini harus menyiapkan diri menghadapi persidangan dengan kasus yang berbeda.

Sesuai berkas perkara yang telah diajukan oleh tim penyidik Polres Lamongan pada hari Rabu (07/11/2018) kepada Kejaksaan Negeri Lamongan.

Bahwa Tariq Hidayat dalam kasus sebelumnya didakwa pasal 372 KUHP sesuai putusan hakim pengadilan tertanggal 16 Agustus 2018 karena menipu Muhammad Khoirun warga Lamongan sebesar Rp.125 juta yang ingin membeli 1 (satu) Unit Mobil Toyota Agya.

Baru menjalani 3 (tiga) bulan vonis putusan hakim Pengadilan Negeri Lamongan karena kasus penipuan, Tariq kembali berurusan dengan pihak penegak hukum Lamongan. Karena telah dilaporkan oleh PT.Adira Finance,Tbk RO Lamongan Cabang Gresik dengan sengaja menghilangkan dan atau mengalihkan mobil yang menjadi obyek jaminan fiducia.

Kejadian bermula pada tanggal 31 Juli 2018, pengajuan Tariq terkait pinjaman dan atau pembiayaan 1 (satu) Unit Mobil Toyota Limo Taxi tahun 2010 atas nama PT. Central Naga Europindo melalui PT. Adira Finance,Tbk RO Lamongan Cabang Gresik dengan jangka waktu 36 bulan telah terealisasi.

Selanjutnya saat kewajiban yang pertama, Tariq tidak kunjung melakukan pembayaran. Bahkan keberadaannya tidak diketahui oleh pihak PT.Adira.

Agus Hermanto selaku Tim Recovery PT.Adira Finance RO Lamongan Cabang Gresik membenarkan bahwa pihaknya telah melaporkan Tariq Hidayat ke Polres Lamongan.

“Beberapa waktu yang lalu, kami telah melaporkan Tariq Hidayat ke Polres Lamongan. Karena selain tidak diketahui keberadaannya juga diduga telah mengghilangkan dan atau mengalihkan 1 (satu) Unit Mobil yang menjadi jaminan fidusia,” tutur Agus saat dihubungi awak media. Rabu(07/11/2018) siang.

Dikatakan Agus,Tariq mengakui saat di BAP (Berita Acara Perkara) di Kepolisian bahwa Unit Mobil Toyota Limo yang menjadi jaminan fiducia telah digadaikan.

“Meski saat ini Tariq telah menjalani hukuman dengan kasus yang berbeda. Pihak PT Adira Finance sudah menyerahkan sepenuhnya kepada penegak hukum yang ada di Lamongan,” pungkas Agus Hermanto

Kasi Pidum Kejari Lamongan Windhu Sugiarto menuturkan bahwa Tariq Hidayat adalah residivis yang saat ini menjadi narapidana dalam kasus penipuan dan telah di vonis tiga tahun penjara.

“Tariq Hidayat di tuntut 4 tahun penjara pada kasus sebelumnya dan dalam sidang putusan di vonis 3 tahun penjara. Dan dalam beberapa hari lagi ia harus bersiap menjalani persidangan dalam kasus baru, yakni fidusia” ungkapnya di hadapan awak media.

Ditambahkan Windhu bahwa setelah berkas kami terima dan diteliti ternyata sudah lengkap atau P-21. Artinya dalam waktu dekat akan segera di limpahkan ke Pengadilan Negeri Lamongan untuk segera di sidangkan.

“Dari berkas yang di serahkan pada kami, tersangka telah di jerat pasal 35 dan atau pasal 36 undang undang nomor 42 tahun 1999 tentang jaminan fidusia. Dengan acaman hukuman minimal 1 tahun dan maksimal 5 tahun. Serta denda minimal Rp. 10 Juta dan maksimal Rp. 100 Juta” pungkas Windhu Sugiarto.

Reporter : Moch. Nuril Huda
Publish : Zainul Arifin

Check Also

Kembali Terjadi Tanah Longsor Di Wilayah Kabupaten Pacitan

Pacitan, Radarbangsa.co.id –Hujan dengan intensitas tinggi menguyur beberapa wilayah di Kabupaten Pacitan mulai sore hari, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *