SURABAYA, RadarBangsa.co.id – Pj. Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono yakin bahwa Jatim akan menjadi pusat baru untuk industri media di Indonesia.Ia mendorong kemajuan industri media di Jatim agar terus berkembang secara mandiri, profesional, dan menyediakan informasi yang berguna bagi masyarakat.
Pernyataan ini disampaikan Adhy saat menghadiri Jatim Media Summit (JMS) 2024 yang diinisiasi oleh Beritajatim.com dan Suara.com di Ballroom Whiz Luxe Hotel Spazio Surabaya pada Kamis, (25/07).
Menurut Pj. Gubernur Adhy, disrupsi teknologi informasi dan pandemi COVID-19 telah menyebabkan perubahan signifikan, termasuk peralihan dari media cetak ke platform digital.
UNESCO melaporkan bahwa distribusi iklan media cetak global turun dari 22,9% pada 2010 menjadi 5,7% pada 2021.
“Ada momen perubahan besar yang disebabkan oleh COVID-19, dimana media cetak semakin berkurang dan beralih ke platform digital,” ujar Adhy.
“Masyarakat kini lebih internet-minded dalam konsumsi media. Interaksi melalui platform online semakin meningkat, dan ini membuka peluang besar untuk iklan online,” tambahnya.
Potensi iklan online sejalan dengan peningkatan pendapatan iklan media digital. Data dari agensi iklan internasional Zenith menunjukkan bahwa pendapatan iklan media digital global mencapai US$ 177 miliar, atau sekitar 61,5% dari total iklan digital. Pada 2024, angka ini diprediksi naik menjadi 65,1%.
“Kami juga mendukung bisnis platform digital. Dukungan ini sesuai dengan Perpres Nomor 32 Tahun 2024 tentang tanggung jawab perusahaan platform digital untuk mendukung jurnalisme berkualitas, atau publisher right,” tegasnya.
Regulasi ini bertujuan memperkuat tanggung jawab perusahaan platform digital agar karya jurnalistik dihormati dan dihargai kepemilikannya.
“Melalui forum ini, kami ingin perusahaan media yang profesional dan menghasilkan pemberitaan yang nyata, akurat, dan terpercaya,” imbuhnya.
Adhy juga menekankan pentingnya kemandirian perusahaan media di Jawa Timur yang dinamis, dengan pergerakan yang tinggi dan jumlah wartawan yang besar.
Adhy optimis jumlah media terverifikasi di Jatim akan terus meningkat, menjadikan Jawa Timur episentrum baru bagi industri media yang kredibel dan berkualitas.
CEO Beritajatim.com Dwi Ekolononto mengapresiasi dukungan Pemprov Jatim terhadap acara ini.
“Kami yakin dukungan Pemprov akan terus mendampingi teman-teman media. Kegiatan ini akan menghubungkan ekosistem media, pengetahuan, teknologi, dan bisnis digital modern di Jawa Timur sehingga bisa lebih upskill,” ujar Dwi.
“Pengetahuan jurnalis juga harus berkembang. Harus update, belajar berbagi pengetahuan dan keterampilan melalui pelatihan,” tambahnya.
CEO Suara.com Suwarjono menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini adalah membangun kemandirian bisnis media agar dapat bertahan lama dan menciptakan ekosistem yang sehat.
“Melalui pelatihan dan training, kami berusaha membangun keberlangsungan bisnis media agar dapat bertahan lama,” pungkasnya.
Sebagai informasi, Pj. Gubernur menerima cenderamata dari Jatim Media Summit. Pj. Gubernur bersama CEO Beritajatim.com dan CEO Suara.com juga menyerahkan Media Innovation Award. GresikSatu meraih The Best Top Local Media, sementara KabarGresik dan InfoGresik menjadi 2nd Runner Up dan 3rd Runner Up.