Adu Masak Dengan Bahan Utama Kecombrang, Aston Sidoarjo Raih Juara Pertama

  • Whatsapp
“Kecombrang Cooking Challenge“ yang diadakan di salah satu restoran di wilayah Surabaya Timur

SIDOARJO, RadarBangsa.co.id – Mengolah masakan terkadang bisa menjadi sebuah tantangan tersendiri. Kreativitas dan ide-ide baru harus tertuang untuk menciptakan hidangan baru yang enak di lidah dan juga menarik secara visual.

Tepat pada peringatan Hari Pahlawan 10 November 2021 ini, ASTON Sidoarjo mengikuti kegiatan “Kecombrang Cooking Challenge“ yang diadakan di salah satu restoran yang ada di wilayah Surabaya Timur.

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatan ini, sekitar 21 peserta yang terdiri dari Chef dan General Manager hotel di Surabaya dan Sidoarjo diajak untuk berkreasi dengan menggunakan bahan dasar Kecombrang. Setiap peserta hanya memiliki waktu 20 menit untuk mengolah bahan masakan yang telah disiapkan oleh masing-masing peserta.

Pihak panitia juga telah menyiapkan bahan utama Bunga Kecombrang, Honje dan bumbu dasar. Kompetisi juga semakin seru karena semua peserta menggunakan atribut dan kostum ala pahlawan.

ASTON Sidoarjo yang diwakili oleh Executive Chef, Suherman dan General Manager, Imam Mustofa, kompak untuk mengolah dua sajian yakni Sup Udang Ketela Bunga Kecombrang dan Nasi Bakar Kecombrang Ikan Sebelah. Menu ini dipilih dengan pertimbangan inovasi serta presentasi atau tampilan penyajian.

Adapun bahan-bahan yang digunakan untuk masakan sup diantaranya adalah Udang Windu, Kecombrang, rebusan Ketela Ungu, Seledri, Bawang Merah, Bawang Putih, Daun Jeruk, Garam dan Merica. Perpaduan rasa manis Ketela Ungu dan asam pedasnya Kecombrang menjadi perpaduan yang menarik.

“Sengaja kami sajikan menu ini, karena otentik dan unik,” tutur Suherman.

Sedangkan bahan-bahan untuk Nasi Bakar Kecombrang Ikan Sebelah diantaranya Ikan Dover Sole, Kecombrang, Santan, Sereh, Jeruk Nipis, Bawang Merah dan Cabai Rawit.

Setelah proses penilaian, tiga orang dewan juri memutuskan bahwa ASTON Sidoarjo mendapatkan peringkat pertama dengan nilai total 99,5 poin. Para dewan juri ini memberikan nilai tertinggi dalam hal rasa masakan dan diikuti dengan nilai untuk proses memasak, kebersihan serta penampilan sajian.

Selain untuk menyemarakkan peringatan Hari Pahlawan, kegiatan ini juga bertujuan untuk semakin mengenalkan tanaman atau Bunga Kecombrang yang banyak tumbuh di Indonesia dan memiliki banyak manfaat, diantaranya memiliki kandungan antioksidan, antibakteri, serta kaya akan nutrisi, terutama mineral penting seperti kalsium, kalium dan fosfor.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *