Aksi Mahasiswa Warnai Kunjungan Presiden di Ponorogo

  • Whatsapp
Mahasiswa berorasi saat kunjungan Presiden Jokowi

PONOROGO, RadarBangsa.co.id – Kunjungan Presiden Joko Widodo di Ponorogo pada Selasa (07/9) diwarnai aksi demonstrasi yang dilakukan oleh aliansi mahasiswa. Diikuti oleh mahasiswa dari IMM, Unmuh Ponorogo, dan HMI Ponorogo yang berjumlah lebih dari 30 orang.

Aksi tersebut dilakukan di perempatan Pasar Bondrang, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo. Dalam aksi tersebut, mahasiswa menuntut pemerintah untuk melakukan evaluasi pada bidang pendidikan, ekonomi, dan kesehatan.

Bacaan Lainnya

Koordinator Aksi, Khabib Fajar menyampaikan, “Pemerintah harus melakukan evaluasi terhadap ekonomi, kesehatan, pendidikan, supremasi hukum dan tata kelola pemerintahan terutama upaya sistematis dan transparan dari pusat hingga akar rumput, untuk mampu keluar dari situasi semakin memburuknya Covid-19,” tegasnya.

Selain itu, mahasiswa juga menuntut dengan tegas mengesahkan RUU PKS secara utuh, mendesak pemerintah untuk melakukan reforma agraria supaya tidak terjadi ketimpangan perampasan lahan oleh oligarki dan korporasi, dan menolak adanya penyederhanaan perizinan usaha tanpa mempertimbangkan aspek lingkungan akibat dari eksploitasi alam meningkatkan konflik agraria dan ketimpangan.

Kericuhan sempat terjadi antara aparat kepolisian dengan mahasiswa, hal tersebut dipicu salah seorang mahasiswa yang dipukul oleh aparat kepolisian ketika mahasiswa berusaha dihadang untuk tidak mendekat ke lokasi Presiden.

“Hadangan pertama berhasil ditembus masa aksi walaupun sempat terjadi cekcok dengan para aparatur. Namun hadangan kedua yang dilakukan di Kemuning sangat dijaga ketat oleh aparat.

Baku hantam di titik hadangan kedua tersebut tak dapat dihindarkan saat masa aksi baru datang dan dihadang, dipicu oleh salah satu aparat yang memukul salah satu anggota aksi saat masih berada diatas motor,” ungkap Khabib.

Diketahui, Presiden Jokowi berkunjung ke Ponorogo dalam rangka peresmian Bendungan Bendo di Kecamatan Sawoo Ponorogo, serta meninjau vaksinasi inasi di Ponpes Duri Sawoo, Ponorogo. Presiden selesai melaksanakan rangkaian acara dan kembali ke Jakarta pada pukul 14:00 WIB.

(hnf/ari)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *