Anggota DPRD Batu, Menekan Dinas Terkait Segera Lakukan Reboisasi di Lereng Arjuna

  • Whatsapp

KOTA BATU, RadarBangsa.co.id – Selesai terjadinya kebakaran hutan di lereng Gunung Arjuna, pada bagian sisi barat, timur, utara yang masuk wilayah desa Sumberbrantas, desa Sumbergondo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu beberapa waktu lalu menyisakan kondisi lahan seperti tanaman ilalang terlihat habis bahkan terkesan gersang. Mengacu hal itu,anggota DPRD mendesak dinas terkait segera melakukan reboisasi/penanaman pohon kembali.

Seperti apa yang disampaikan H. Rudi, anggota Komisi C DPRD Kota Batu, karena peristiwa kebakaran itu terjadi pada bulan November 2019 hampir bersamaan dengan peristiwa angin kencang yang melanda Desa Sumberbrantas.

Read More

Dari hasil inspeksi mendadak, oleh komisi gabungan Komisi B dan Komisi C ke lokasi belum lama ini, diperkirakan lahan yang terbakar seluas hampir 80 hektar. Sedangkan pada titik terparah ada di petak 64 dan 68 yang luasnya mencapai sekira 58 hektar.

“Masyarakat mengharapkan agar segera dilakukan reboisasi pada lahan yang jadi imbas kebakaran hutan. Disinyalir, bahwa lahan yang terbakar itu, merupakan lahan konservasi dalam jangka panjang bisa sebagai sumber mata pencaharian masyarakat,”beber H.Rudi.

Dari sudut pandang yang sama, juga disampaikan anggota Legeslatif H. Nur Ali, anggota Komisi B DPRD Kota Batu. Pihaknya mendorong secepatnya kepada instansi mauoun dinas terkait, agar segera melakukan kegiatan reboisasi,senyampang juga musim penghujan sudah tiba, hal ini kesempatan untuk melakukan penghijauan di lereng gunung, guna untuk memulihkan kawasan hutan tersebut.

“Untuk mencegah terjadinya banjir dan tqnah longsor, juga menjaga produktivitas sumber mata air. Hal ini, saya minta dinas maupun instansi terkait serta lembaga lain, juga bersama-sama masyarakat untuk segera melaksanakan program pekerjaan reboisasi di kawasan hutan yang terdampak kebakaran,” terang Nur Ali fraksi PKB. (HR)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *