Antisifasi Covid-19 Sejak Awal Plt Bupati Lamsel Sidak Pelabuhan Bakauheni

  • Whatsapp
Plt Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, respon cepat instruksi Presiden RI terkait penanganan Corona Virus (COVlD-19) dengan melakukan sidak di Dermaga Pelabuhan Bakauheni

LAMPUNG Selatan,RadarBangsa.co.id – Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, respon cepat instruksi Presiden RI terkait penanganan Corona Virus (COVlD-19) dengan melakukan sidak di Dermaga Pelabuhan Bakauheni Kabupaten Lampung Selatan.Minggu,(15/03).

Lampung Selatan yang menjadi pintu masuk penyeberangan orang/barang dari pulau Jawa ke Sumatera atau sebaliknya, sangat rentan terhadap penyebaran virus COVlD-19. Oleh karenanya, antisipasi sejak awal sangat penting untuk dilakukan.

Bacaan Lainnya

Didampingi Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Burhanudin, Kepala Pelaksana BPBD, M. Darmawan, Kadis Kominfo, M. Sefri Masdian, Kepala Dinas Pendidikan, Thomas Americo, orang nomor satu di Lampung Selatan tersebut melihat kesiapan Petugas Kesehatan di sejumlah titik Pelabuhan Bakauheni.

Pada kesempatan tersebut. H.Nanang Ermanto meminta kepada petugas di Pelabuhan Bakauheni untuk mengecek kesehatan kepada setiap orang yang datang di Pelabuhan Bakauheni tanpa terkecuali. Baik yang akan menyeberang ataupun yang hanya sekedar berkunjung.

“Bakauheni ini merupakan tempat keluar masuk orang dan barang dari pulau Jawa ke Sumatera atau sebaliknya, saya tidak mau kecolongan ada warga saya yang terinfeksi virus corona,” ujar Nanang kepada Hermanto, petugas Karantina Kesehatan Kementerian Kesehatan RI.

Sementara Hermanto, petugas Karantina Kesehatan Kementerian Kesehatan RI yang bertugas di Pelabuhan Bakauheni menjelaskan, sejauh ini pihak Pelabuhan Bakauheni telah menyiapkan 2 (dua) posko dengan sejumlah petugas yang dilengkapi dengan alat kesehatan “infrared thermometer” serta “hand satitizer”.

Sedangkan Rofik Baedowi, petugas dari Pangkalan TNI Angkatan Luat ( Lanal) Lampung yang sedang piket di Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan, menjelaskan, setiap 3 (tiga) jam sekali petugas menyemprotkan “desinfektan” terhadap benda-benda yang sering dipegang oleh pengunjung.

“Tiap tiga jam kami semprot dengan desinfektan terhadap benda yang sering dipegang,” ujarnya menjelaskan.

Sementara itu, di Mall Dermaga Eksekutif, Nanang Ermanto sempat berdialog kepada sejumlah pengunjung yang berada di Mall dermaga eksekutif. Disana, Nanang mendapatkan WNA asal Korea Selatan yang sedang menikmati liburan bersama keluarganya yang kebetulan tinggal di Kalianda. Namun, betapa terkejutnya Nanang ternyata pengunjung asal Negeri Ginseng tersebut belum diperiksa petugas. Nanangpun memerintahkan kepada petugas untuk memeriksa kondisi suhu tubuh meskipun hasilnya, mereka dalam kondisi sehat

“Ini ada pengunjung yang belum kalian periksa kesehatannya. Saya minta tidak hanya orang-orang yang akan menyeberang saja yang diperiksa, tetapi juga semua orang yang datang kepelabuhan ini, baik yang mau menyeberang, pengunjung maupun mereka yang berdagang,”pinta Nanang kepada petugas.

Sebelum meninggalkan Pelabuhan Eksekutif Bakauheni, Nanang Ermanto sempat mengumpulkan sejumlah petugas kesehatan di di lobi Mall Dermaga Eksekutif. Nanang meminta kepada petugas untuk memeriksa semua orang yang ada dipelabuhan, bukan hanya di dermaga eksekutif saja.

“Saya minta kalian luangkan waktunya untuk memeriksa semua orang yang ada di pelabuhan, bukan hanya yang melalui dermaga eksekutif maupun yang regu|er. Termasuk kendaraan yang Iangsung masuk ke kapal, periksa terlebih dahulu sebelum masuk kapal. Saya minta kalian meluangkan waktunya untuk memeriksa,” kata Nanang.

“Ini bencana Nasional Non Alam. Saya sebagai kepala Daerah, tidak mau kecolongan. Saya bener-bener ini, mewantiwanti ASDP untuk sigap. Jika kekurangan tenaga, koorrinasi dengan kami, nanti kami kirim bantuan tenaga medis dari Dinas Kesehatan. (eq)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *