Antisipasi Bencana Hydrometeorologi, Kodim 0812 Lamongan Gelar Apel Pasukan

Komandan Kodim 0812 Lamongan Letkol Kav Endi Siswanto Yusuf saat mempimpin apel gelar kesiapan pasukan (Dok Foto: Istimewa)

LAMONGAN, RadarBangsa.co.id – Wujud persiapan dan kesiapan kemungkinan terjadinya bencana Hydrometeorologi, Kodim 0812 Lamongan menggelar apel gelar kesiapan pasukan. Selasa (21/12).

Kehiatan ini dipimpin langsung komandan Kodim 0812/Lamongan Letkol Kav Endi Siswanto Yusuf di lapangan Makodim Lamongan dan diikuti oleh ratusan anggota TNI jajaran.

Bacaan Lainnya

Dalam amanatnya Letkol Kav Endi Siswanto Yusuf menegaskan, Apel kesiapsiagaan ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan dan antisipasi apabila terjadi bencana hidrometeorologi.

“Semua pihak harus menyadari memang bencana alam tidak dapat ditolak, akan tetapi lebih penting dari itu.

Adalah bagaimana upaya untuk dapat meminimalisir dampak yang mungkin akan terjadi akibat bencana alam atau yang biasa disebut dengan mitigasi bencana,” ujar Dandim Lamongan.

Ia juga menambahkan, “Kabupaten Lamongan sebagai daerah yang rawan terhadap berbagai bencana, oleh karena itu kita harus berupaya meningkatkan kemampuan di bidang penanggulangan bencana.

Selain itu, bencana merupakan rangkaian peristiwa yang disebabkan oleh alam manusia atau oleh keduanya yang mengakibatkan korban penderitaan bagi manusia itu sendiri.

Diantaranya kehilangan harta benda, kerusakan lingkungan dan fasilitas umum serta menimbulkan gangguan terhadap tata kehidupan masyarakat.

Bencana yang diakibatkan oleh alam seperti gempa bumi, banjir, gelombang tsunami, tanah longsor dan sebagainya, ada juga bencana yang disebabkan oleh perbuatan manusia.

Seperti halnya peperangan, gejolak sosial, kebakaran, kecelakaan industri, yang waktunya dapat berlangsung singkat tetapi juga dapat berlangsung dalam waktu yang panjang.

Penanggulangan bencana, kata Dandim adalah salah satu proses yang dinamis, berlanjut dan terpadu untuk meningkatkan kualitas, langkah-langkah yang berhubungan dengan observasi dan analisis.

“Serta pencegahan, penjinakan, kesiapsiagaan, penanganan darurat, rehabilitasi dan rekonstruksi yang diakibatkan oleh bencana.

Oleh karena itu melalui apel gelar kesiapan pasukan dalam rangka penanggulangan bencana hidrometeorologi ini diharapkan akan semakin meningkatkan kemampuan para anggota penanggulangan bencana dalam menjalankan tugasnya di lapangan.

Sehingga penanganan terhadap bencana dapat lebih cepat tepat dan dapat meminimalisasi kerugian yang ditimbulkan oleh bencana.

Kebijakan penanggulangan bencana memberikan prioritas tinggi pada peningkatan kewaspadaan dan kesiapsiagaan Kodim 0812/Lamongan, masyarakat serta jajaran pemerintah daerah terutama di daerah rawan bencana.

Kemampuan petugas dan masyarakat untuk pencarian dan penyelamatan pemberian pengobatan serta perawatan korban ditingkatkan baik dalam kecepatan maupun ketepatan waktu penyelamatan dengan dukungan peralatan yang memadai.

Disamping itu kemampuan perlindungan masyarakat dalam penanggulangan bencana juga ditingkatkan melalui apel gelar kesiapan pasukan dalam rangka penanggulangan bencana hidrometeorologi yang terencana sistematis dan berkelanjutan sebagaimana yang sedang kita laksanakan hari ini.

Rencana penanggulangan bencana akan tidak efektif jika tidak didukung oleh latihan-latihan yang cukup fasilitas dan peralatan yang memadai serta ada dukungan dari semua pihak terkait dan masyarakat.

Akhirnya kita peserta apel ikuti arahan dan petunjuk dari para pimpinan yang ada di unsur bawah dan kepada para Danramil sangat mengharapkan agar dapat memberikan bimbingan yang lebih baik dan sungguh-sungguh.

Sehingga satuan tugas penanggulangan bencana yang kita harapkan dapat tercapai dengan sukses,” pungkas Letkol Kav Endi Siswanto Yusuf yang baru menjabat Dandim 0812/Lamongan ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *