Antisipasi Gesekan Antar Pendukung Calon, Kapolres Gianyar Kunjungi Tps

Kapolres Gianyar AKBP I Made Bayu Sutha, beserta Forkopimda meninjau pelaksanaan Pilkel Serentak di sejumlah TPS, Minggu (16/1) (IST)

GIANYAR, RadarBangsa.co.id – Guna mengantisipasi terjadinya gesekan antar pendukung calon perbekel pada Pemilihan Perbekel (Pilkel) Serentak, Bupati Gianyar I Made Mahayastra bersama Wakil Bupati Anak Agung Gde Mayun, Sekda I Made Gede Wisnu Wijaya, Kapolres Gianyar AKBP I Made Bayu Sutha, Komandan Yonzipur 18/YKR Mayor Czi. Damai Adi Setiawan beserta Forkopimda meninjau pelaksanaan Pilkel Serentak di sejumlah TPS, Minggu (16/1).

Adapun TPS yang dikunjungi diantaranya TPS Banjar Temesi, Desa Temesi; TPS SDN 1 Tegal Tugu, Desa Tegal Tugu TPS Banjar Ketandan, Desa Buruan; TPS Banjar Sala, Desa Pejeng Kawan; serta TPS Banjar Tri Wangsa Desa Kelusa.

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan itu Bupati Mahayastra menyampaikan bahwa dirinya telah mengetahui daerah-daerah mana saja yang ‘rawan’ atau persaingannya sangat ketat.

Sebab mulai dari penetapan calon, masa kampanye, deklarasi damai, hingga minggu tenang, dirinya senantiasa melakukan pemantauan. “Sehingga perlu antisipasi agar tidak terjadinya gesekan antara pendukung calon,” tegasnya.

Dirinya pun meminta kepada petugas keamanan agar memberi perhatian atau pengamanan lebih di daerah tersebut.

Ditambahkannya, jika bercermin dari pengalaman pemilihan kepala desa dulu, Bupati Mahayastra yakin pemilihan perbekel saat ini juga akan kondusif. Sebab orang-orang sudah terbiasa dengan perbedaan pilihan, berbeda aspirasi, serta mereka sudah dewasa terhadap perbedaan tersebut.

“Setelah berkeliling ke beberapa desa semua dalam keadaan kondusif, tinggal begitu jam 1 ditutup, dan mulai penghitungan serta rata-rata calon yang saya temui rata-rata siap menerima hasilnya, itu adalah hasil pemilihan demokrasi, tinggal mereka bahu membahu untuk membangun,” tandasnya.

Sementara itu Kapolres Gianyar I Made Bayu Sutha Sartana mengatakan jika mengenai pengamanan, dirinya sudah melakukan pengamanan super ketat di seluruh desa yang melakukan pemilihan perbekel.

“Kita laksanakan pengamanan terhadap seluruh desa, semuanya kita wajibkan melakukan pengamanan super ketat,” ungkapnya.

Pihaknya pun berharap agar pemilihan perbekel serentak di Kabupaten Gianyar berjalan lancar serta tidak terjadi gesekan-gesekan. “Mengenai kejadian kita berharap sekecil apapun mermasalahan bisa kita selesailan, tetapi kita berharap tidak ada. Karena sudah disampaikan oleh Bapak Bupati kepada kandidat semua, siapun pemenangnya kita dukung karena dipilih oleh rakyat untuk rakyat,” imbuhnya.

Ketika ada masalah kriminal, apabila ada yang berkaitan dengan tindakan pidana, dirinya akan menindak tegas sesuai dengan hukum yang berlaku.

“Mengenai masalah kriminal apalagi ada unsur pidana pasti kita tindak tegas,” pungkasnya.
Atmaja_Wd

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.