Antusiasme Tinggi Pemilih Pemula dalam Pemilu 2024 di Lumajang

2024

LUMAJANG, RadarBangsa.co.id – Pemilihan Umum 2024 di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, telah mencatat tingkat antusiasme yang luar biasa, terutama dari kalangan pemilih pemula, yang menjadi sorotan utama. Salah satu TPS yang menonjol adalah TPS Desa Babakan, Kecamatan Padang, di mana persentase partisipasi mencapai puncaknya dengan angka 70 persen.

Sekretaris Daerah Kabupaten Lumajang, Agus Triyono, menyatakan bahwa dukungan kuat dari TNI-Polri, para pemangku kepentingan, serta kebijakan penawaran gratis masuk wisata pasca-nyoblos, menjadi faktor utama dalam kesuksesan partisipasi pemilih pemula dalam Pemilu 2024. Pernyataan ini disampaikan oleh Agus Triyono dalam keterangan yang diberikan di sela-sela kegiatan Pemantauan Pemilu 2024 pada Rabu (14/2/2024).

Bacaan Lainnya

Triyono menyoroti bahwa tingkat partisipasi pemilih pemula di berbagai Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah Kabupaten Lumajang sangat menggembirakan. Hal ini mencerminkan hasil positif dari upaya sosialisasi yang dilakukan oleh TNI-Polri, pemangku kepentingan, dan pihak terkait dalam meningkatkan kesadaran politik di kalangan generasi muda.

Sekda Lumajang juga memberikan apresiasi terhadap inisiatif sejumlah masyarakat yang memberikan kuliner gratis bagi pemilih pemula pasca-nyoblos. Upaya ini diharapkan dapat memberikan dorongan positif, tidak hanya sebagai bentuk penghargaan, tetapi juga sebagai sarana untuk mendorong partisipasi aktif dalam proses demokrasi.

Pada kesempatan yang sama, beberapa TPS strategis dikunjungi dalam pemantauan oleh Tim B, yang terdiri dari Dandim 0821 Lumajang, Sekda Lumajang, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Lumajang, serta sejumlah Perangkat Daerah. TPS tersebut meliputi TPS 015 Desa Karangsari Kecamatan Sukodono, TPS 002 Desa Babakan Kecamatan Padang, TPS 004 Desa Grobogan Kecamatan Kedungjajang, TPS 015 Desa Klakah Kecamatan Klakah, dan TPS 003 Desa Banyuputih Lor Kecamatan Ranguagung.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lumajang, dalam kesempatan tersebut, mengekspresikan harapannya bahwa kesuksesan yang tinggi dalam partisipasi pemilih pemula bukan hanya menjadi pencapaian semata, tetapi juga menjadi titik awal yang positif dan menginspirasi. “Bahwa hal ini akan menciptakan landasan yang kuat bagi keterlibatan aktif generasi muda dalam proses demokrasi yang akan datang.

Dengan melibatkan generasi muda secara signifikan dalam proses politik, diharapkan bahwa nilai-nilai demokrasi akan semakin ditanamkan, keberagaman pendapat akan dihargai, dan partisipasi dalam pembangunan masyarakat akan menjadi semakin inklusif.

Dengan demikian, Sekda berharap bahwa keberhasilan partisipasi pemilih pemula dalam Pemilihan Umum 2024 akan menjadi tonggak penting dalam pembentukan masa depan yang lebih demokratis dan berkelanjutan bagi Kabupaten Lumajang serta wilayah sekitarnya,”tandasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *