Aplikasi e-PBB, Pemkab Bangkalan akan Perluas Kerjasama dengan Toko Modern

Kantor Bapeda Bangkalan

BANGKALAN, RadarBangsa.co.id – Aplikasi elektronik Pajak Bumi dan Bangunan (e-PPB) di Kabupaten Bangkalan perlu perluasan. Sebab itu, Pemkab berencana akan melakukan perluasan kerjasama baik dengan toko modern atau aplikasi elektronik commerce lainnya.

Kepala Bidang (Kabid) Pajak dan Retribusi I Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Bangkalan Budi Hariyanto mengatakan sejak diluncurkan enam tahun lalu, tepatnya pada tahun 2015, aplikasi tersebut belum mampu meningkatkan minat masyarakat dalam membayar pajak. Akibatnya, capaian PAD dari sektor PBB kerap kali tidak sesuai target.

Bacaan Lainnya

“Salah satu penyebab belum maksimalnya aplikasi tersebut adalah minimnya pemahaman masyarakat terkait platform pembayaran pajak tersebut. Masyarakat belum siap dan familiar dengan pembayaran melalui elektronik-PBB,” katanya, Jumat (10/9/2021).

Selain minimnya pemahaman masyarakat, Budi juga menuturkan, faktor lain yang menyebabkan aplikasi tersebut kurang maksimal adalah kerjasama dengan toko modern atau e commerce lainnya. Sehingga masih kurang mempermudah masyarakat yang ingin membayar pajak.

“Makanya, sejak 6 tahun ini memang seolah tidak ada perkembangan pembayaran, karena elektronik-PBB masih jarang diminati warga,” tuturnya.

Untuk kata Budi sudah merencanakan perluasan kerjasama, baik dengan toko modern atau aplikasi elektronik commerce lainnya. Bahkan merencanakan pembuatan halaman website pembayaran yang bisa langsung digunakan dan dibuka oleh masyarakat secara umum.

“Kalau dimudahkan, saya kira akan banyak yang mau bayar,” pungkasnya.

(***/Lan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *