Asper Sindangbarang Kabupaten Cianjur Patut di Acungi Jempol, Ini yang Dilakukan

  • Whatsapp
Asisten Perhutani (ASPER) Sindang Barang Kabupaten Cianjur SOIP sedang menanam pohon dan mengajak masyarakat lestarikan hutan [EA]

SINDANGBARANG, CIANJUR, RadarBangsa.co.id – Semangat dan apresiasi Asisten Perhutani (Asper) Sindangbarang Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat “SOIP” dalam memperingati hari hutan sedunia tahun 2021 ini sangat pantas di acungi jempol (Asper SOIP “deserve an award”) karena selalu konsisten dalam pengelolaan kawasan hutan secara teknis serta mengawasi dan memonitor kemajuan pekerjaan di wilayahnya.

Asisten Perhutani Sindangbarang SOIP kepada awak media saat bersilaturrahim di sekretariat ASPER Sindangbarang, Rabu (24/03/2021) mengatakan, “Peringatan Hari Hutan Sedunia diadakan dengan tujuan agar kita semakin sadar dan peduli tentang betapa pentingnya hutan bagi kehidupan setiap makhluk hidup yang tinggal di bumi kita ini.

Bacaan Lainnya

Tahun ini Hari Hutan Internasional (HHI) dengan tema, “Restorasi hutan: Jalan menuju pemulihan dan kesejahteraan”. paparnya sambil mengajak “menanam pohon”. Karena PWI se Jawa Barat pada saat memperigati hari Pers di Kabupaten Cianjur juga menyelenggarakan penanaman pohon. Terangnya.

Disamping itu jua kami jelaskan sedikit bahwa Perhutanan sosial bermanfaat membangun produktivitas ekonomi, menghormati hak masyarakat, dan membangun sumber daya manusia.

Selanjutnya Asper Soip menjelaskan hak masyarakat dihormati karena dapat memanfaatkan kawasan hutan.

“Jadi apabila ada lokasi-lokasi kurang produktif atau lahan kosong alangkah bagusnya dilakukan penanaman pohon.

Di Perhutani ada namanya program Perhutanan Sosial (PS) dengan skema Pengakuan dan Perlindungan Kemitraan Kehutanan (Kulin KK). Di wilayah kita Kulin KK ini yang telah sukses adalah di Cipandak seluas 67 hektar.

Kemudian memanfaatkan hutan untuk meningkatkan ketahanan pangan masyarakat khususnya di sekitar hutan tanpa menimbulkan gangguan kerusakan hutan di amakan dengan Pemanpaatan Lahan di Bawah Tegakan (PLDT).

Dengan memperingati hari hutan sedunia tahun 2021 ini, “bagaimana kita betul-betul memfungsikan perhutanan sosial bermanfaat membangun produktivitas ekonomi, menghormati hak masyarakat, dan membangun sumber daya manusia. Hak masyarakat dihormati karena dapat memanfaatkan kawasan hutan.

(AE. Nasution)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *