Bangun Kesadaraan Pasar untuk Taat Protokol Kesehatan di Masa Pandemi

  • Whatsapp
Edukasi Pentingnya Mengikuti Protokol Kesehatan di era new normal di warga Jl. Nginden Baru IV RT.04 Pasar Gotong Royong Nginden Jangkungan. [IST]

SURABAYA, RadarBangsa.co.id – Pasar tradisional dianggap sebagai tempat yang paling rentan terjadinya penyebaran Virus Covid-19. Rentannya penyebaran virus Covid-19 di pasar tradisional disebabkan oleh tidak adanya jarak antara pedagang dan pembeli, Pasar yang kotor. Melihat hal seperti ini, Grace memilih untuk melakukan kegiatan KKN di Pasar tradisional.

Grace Yulia Kristanti adalah mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (Untag Surabaya). Mahasiswa Ilmu Komunikasi Semester Tujuh ini mengadakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Jl. Nginden Baru IV RT. 04 dan Pasar Gotong Royong Nginden Jangkungan dengan dibimbing oleh dosennya Amalia Nurul Muthmainnah.

Bacaan Lainnya

Di masa pandemi Covid -19 Era New Normal ini kebijakan dari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya mahasiswa tetap melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) namun wajib dilakukan di tempat tinggal masing – masing mahasiswa, hal ini dengan tujuan agar mahasiswa tetap dapat melaksanakan kegiatan KKN dengan mengurangi resiko terjadinya penularan Covid-19 dan memberikan kesempatan kepada mahasiswanya untuk melakukan pengabdian di wilayahnya masing-masing.

Dalam kegiatan KKN ini Grace melakukan seperti, Kegiatan KKN yang dilakukan oleh Grace adalah di lingkungan tempat tinggalnya dan pedagang pasar Gotong Royong Nginden Jangkungan. Program kegiatan KKN Tematik yang ia lakukan adalah mengedukasi warga di lingkugan tempat tinggalnya. Karena ia merasa sangat perlu mengedukasi warga dan pedagang pasar setempat secara terus menerus.

“Sangat penting sekali warga mendapatkan edukasi terkait apa saja yang harus di lakukan selama masa era new normal ini, apalagi para pedagang pasar yang selalu bertemu dengan banyak orang setiap harinya. Ketika saya mau melakukan edukasi saya dapati masih ada pedagang pasar yang tidak menggunakan masker, padahal ini menjadi hal yang paling dasar yang harus dilakukan di masa era new normal ini. Saya temui alasan mereka tidak menggunakan masker karena sumuk, pengap, habis makan dan lainnya,” ucapnya mahasiswa Ilmu Komunikasi ini.

Edukasi Pentingnya Mengikuti Protokol Kesehatan di era new normal di Pasar Gotong Royong Nginden Jangkungan

Tidak hanya melakukan edukasi saja, tetapi Grace juga membagikan paket mini era new normal yang berisi masker, vitamin, hand sanitizer, kalender dan stiker adaptasi kebiasaan baru yang diharapkan pemberian alat pelindung diri ini bermanfaat bagi warga setempat dan bagi para pedagang yang setiap harinya bertemu dengan orang banyak

Untuk meningkatkan efektivitas dari kegiatan edukasi yang telah dilakukan, mahasiswa Untag Surabaya ini pun melakukan kegiatan penempelan poster dan stiker di lingkungan tempat ia tinggal dan wilayah Pasar Gotong Royong Nginden Jangkungan.

Pemasanga stiker di kios pedagang dan poster era new normal di Jl. Nginden Baru IV RT. 04 Pasar Gotong Royong Nginden Jangkungan
Dok.Pribadi

Pelaksanaan kegiatan ini mendapat tanggapan dari masyarakat setempat dan mendapat dukungan yang antusias dari warga. “Kegiatan seperti ini sangat bermanfaat sekali bagi warga, dimana dengan adanya edukasi yang dilakukan oleh mahasiswa membatu warga untuk lebih mengetahui dan memahami tetang apa saja yang harus mereka lakukan di masa Pademi saat ini” Endang Susistri Ketua RT. (***)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *