Bansos Pemprov Jatim Diserahkan kepada 417 Penerima oleh Gubernur Khofifah & Distribusi Zakat Produktif di Situbondo

kepada 417 penerima

SITUBONDO, RadarBangsa.co.id – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menyerahkan bantuan social (Bansos) kepada 417 penerima manfaat (PM) di Pendopo Kabupaten Situbondo pada hari Sabtu, tanggal 16 Desember. Kegiatan ini bagian dari perayaan Hari Jadi Pemerintah Provinsi Jatim yang ke-78.

Diantaranya adalah Program Keluarga Harapan (PKH) Plus yang diberikan kepada 50 PM lansia, masing-masing menerima Rp. 900 ribu per tahap. Selain itu, bantuan kemiskinan ekstrem disalurkan kepada 100 penerima manfaat, dengan 10 orang menerima secara simbolis sebesar Rp 1,5 juta.

Bacaan Lainnya

Bantuan ketiga adalah Bantuan Asistensi Sosial Penyandang Disabilitas (ASPD) yang diberikan kepada 20 orang dengan jumlah bantuan Rp. 900 ribu per tahap. Selanjutnya, Gubernur Khofifah juga memberikan bantuan kepada Penerima Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan Tagana, dengan total 47 penerima manfaat masing-masing menerima Rp 1,5 juta per triwulan.

Bantuan untuk Kelompok Usaha Bersama (KUBE) juga diberikan kepada 20 penerima dengan nilai masing-masing Rp. 3 juta. Selain itu, bantuan Zakat Produktif juga diserahkan kepada 100 pelaku Usaha Ultra/Mikro dengan jumlah Rp. 500 ribu.

Bupati Situbondo, Karna Suswandi, mengucapkan terima kasih atas kepedulian Gubernur Khofifah kepada warga Situbondo. Dia menyebut bantuan langsung kepada masyarakat sebagai bukti kepedulian Gubernur Khofifah yang selalu dekat dengan masyarakat.

Aning (52), wali dari Habib Muntas Alfurosi (14), penerima bantuan ASPD berupa kursi roda multifungsi, sangat bersyukur atas bantuan senilai Rp 900.000 per 3 bulan dan kursi roda multifungsinya untuk cucunya.

“Sejak ayahnya meninggal 2 tahun lalu, anak ini saya ambil untuk diurus. Sebelum mendapatkan bantuan, kami tidak mampu mencukupi gizi apalagi membeli kursi roda. Namun setelah mendapat bantuan ini, saya merasa sangat terbantu,” ungkapnya.

“Uangnya digunakan untuk membeli Pampers dan susu. Kursi rodanya juga layak dan nyaman. Terima kasih kepada Gubernur Khofifah, Dinas Sosial Provinsi, dan Kabupaten Situbondo,” tambahnya.

Selain itu, berdasarkan rekapitulasi jumlah bantuan sosial yang diberikan oleh Gubernur Khofifah hingga triwulan IV tahun 2023 di Situbondo, totalnya adalah sebesar Rp 1.938.400.000.

Jumlah tersebut terdiri dari 5 jenis bantuan, seperti bantuan sosial lanjut usia (PKH Plus), BLT Buruh pabrik rokok lintas wilayah, bantuan sosial kemiskinan ekstrem, bantuan sosial penyandang disabilitas (ASPD), dan bantuan sosial kelompok usaha bersama (KUBE).

Secara rinci, bantuan PKH Plus diberikan kepada 1.718 Keluarga dengan jumlah bantuan sebesar Rp. 859.000.000, BLT Buruh pabrik rokok kepada 65 Keluarga dengan nominal Rp 97.500.000, dan bantuan Sosial Kemiskinan ekstrim diberikan kepada 415 Keluarga sebesar Rp. 622.500.000.

Untuk bantuan ASPD, diberikan kepada 66 Jiwa dengan nominal sebesar Rp 59.400.000. Dan terakhir, bantuan KUBE diberikan kepada 100 Jiwa dengan jumlah Rp 300.000.000.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *