BAZNAS Kota Batu, Santuni Masyarakat Kurang Mampu

  • Whatsapp

BATU, RadarBangsa.co.id – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) yang ada di wilayah Kota Batu, melakukan kegiatan bantuan sosial yang kedua kalinya di wilayah masyarakat desa Pendem Kecamatan Junrejo Kota Batu, yang dihadiri langsung oleh Ketua Baznas Cabang Batu Budiono beserta anggota, dan para undangan masyarakat yang disantuni sekira 50 warga yang berhak menerimanya berlangsung di Pendopo kantor Desa Pendem, Jumat (6/12/2019) siang.

Menurut Ketua Baznas Kota Batu Budiono, mengatakan, program kerja Baznas terhitung mulai tiga tahun berjalan ini, sudah banyak melakukan kegiatan bantuan sosial di tiga wilayah Kecamatan di kota Batu. Hal ini diperuntukan bagi masyarakat desa yang masih dirasa kurang mampu maupun janda fakir miskin maupun yatim piatu sebagai sasarannya.

Bacaan Lainnya

Budiono memaparkan,” kegiatan Baznas ini, tidak ada sangkut paudnya dengan program pemerintah kota Batu maupun program pemerintah desa. Karena, meurut Budiono, terbentuknya Baznas itu suatu lembaga sosial yang jelas keberadaanya dan ada payung hukumnya pula. Serta Baznas sendiri lembaga yang bernafas sosial dan tidak memandang suku, agama,golongan,atau yang lainya,”tegas Budiono seperti yang disampaikan pada Radar Bangsa.

Dikatakan lagi, Baznas dari susunan organisasinya sangat netral tanpa ada muatan politis,”ucap Budiono. Karena Organisasi Baznas sistim pendanaanya tidak seperti instansi pemerintah, seperti Kesra, Dinsos, BPMPKB yang identik bersumber dari APBD. Akan tetapi Baznas kota Batu sangatlah murni dipegang oleh personil suwasta, dan segi pendanaanyapun berasal dari pribadi personal maupun donatur tetap yang merasa peduli dengan Organisasi Baznas,” papar Budiono.

Harapan ketua Baznas Batu Budiono, dengan berdirinya organisasi sosial Baznas di kota Batu, akan bisa sangat membantu masyarakat kota Batu yang masih perlu diperhatikan kembali. Biarpun Pemerintah kota Batu sudah ada Dinas maupun lembaga pemerintah yang membidangi kemasyarakatan untuk mengentaskan bagi keluarga pra sejahtera. Karena, tambah Budiono, munculnya Baznas akan bisa lebih membantu lagi program pemerintah yang dirasa perlu dukungan dari pihak non pemerintah, singkat Budiono.

Disisi lain, Kepala desa Pendem Tri Wahyuwono Effendi menuturkan, sangat mengapresiasi dan mendukung keberadaan organisasi sosial Baznas kota Batu. Karena kegiatan sosial ini sudah kedua kalinya dilakukan di desa kami. Secara jiwa kemanusian yang tinggi pada Baznas, sangat membantu meringankan beban masyarakat yang mungkin masih butuh kontribusi dari pihak lain seperti Baznas,”jelas Kades Pendem.

Tri Wahyuwono menambahkan, dengan sandarnya Baznas di desa Pendem, pemerintah desa Pendem memberikan penghargaan yang setinggi tingginya, karena lembaga tersebut, bisa membantu program pemerintah desa bertujuan untuk mengurangi angka beban ekonomi masyarakat. Meskipun demikian pemerintah kota Batu sudah melakukan upaya maksimal dalam mengurangi angka kemisnan di seluruh desa se Kota Batu.

Tetapi hal ini, tidak bisa saling tuding satu dengan yang lainya terkait program kerja meminimalisir angka kemiskinan di masyarakat. Karena hal ini pekerjaan yang tidak bisa mudah dipandang sebelah mata. Karena jika program kerja ada kejelasan dan progres yang jelas dan sasaran yang pas tidak akan mustahil keberhasilan menurunkan angka kemiskinan dan mensejahterakan masyarkat akan bisa berjalan lancar dan terwujud jika dilakukan secara integtitas dan keiklasan dalam bekerja, “singkatnya.(HR)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *