Belajar Bersama KKN Unusa 51 dan Pesantren Tangguh Covid-19  

Giat kelompok KKN 51 UNUSA pada Ponpes Nurul Khoir Wonorejo Rungkut Surabaya

SURABAYA, RadarBangsa.co.id – Kuliah kerja nyata adalah salah satu program wajib perkuliahan pada jenjang studi Strata-1 semua jurusan setiap universitas di Indonesia, salah satunya di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA). Kuliah kerja nyata dilaksanakan pada tanggal 16-31 Agustus 2021.

Program KKN tahun ini bertemakan, “Belajar Bersama UNUSA: Pesantren Tangguh Covid-19”, melihat situasi yang terjadi pada masa pandemi Covid-19 maka program kuliah kerja nyata dilaksanakan secara online. Sehingga kuliah kerja nyata (KKN) yang dilaksanakan oleh mahasiswa berbeda dengan tahun lalu.

Bacaan Lainnya

KKN pada kelompok 51 dari program studi S1 PG-PAUD Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya dilaksanakan di Pondok Pesantren Yatim Du’afa tepatnya di Pondok Pesantren Nurul Khoir Wonorejo Rungkut Surabaya.

Pelaksanaan kuliah kerja nyata kelompok 51 ini dilaksanakan 50% online atau virtual via Zoom Metting, dan 50% offline dan terjun langsung kelokasi dan berinteraksi dengan anak-anak pesantren.

Kegiatan yang dilakukan secara offline tetap dengan memperhatikan protokol kesehatan secara ketat. Pelaksanaan kuliah kerja nyata mendapat sambutan baik dari pengelola pesantren.

Begitupula dengan para santri yang berada di pondok pesantren yang antusias dan bahagia dengan hadirnya mahasiswa KKN Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya yang dapat mewarnai hari-hari mereka.

Program KKN yang dilaksanakan oleh kelompok 51 terdapat terdiri dari pendidikan, kesehatan, dan kreativitas. Tiga program tersebut mendukung para santri di pesantren ini untuk belajar hal baru yang dapat diberikan oleh mahasiswi KKN.

Pada program pendidikan yang dirancang dengan cara pendampingan belajar kepada para santri. Program kesehatan dengan mengadakan program sosialisasi tentang pencegahan serta penyebaran Covid-19 dengan membiasakan mencuci tangan dengan baik dan benar, memakai masker, serta menjaga jarak.

Selain itu, kegiatan kebersihan lingkungan sekitar pondok dengan mengadakan penghijauan menanam bunga dan tanaman hias. Program kreativitas yang didampingi oleh mahasiswi KKN dengan cara mengajarkan kepada para santri membuat kreativitas dalam bentuk karya yang dapat menarik daya jual untuk melatih jiwa wirausaha para santri.

Adapun kreativitas yang diajarkan kepada santri membuat konektor masker untuk hijab dan membuat bros jilbab, serta membuat Alat Pembelajaran Edukatif untuk menunjang pembelajaran di jenjang Taman Kanak-Kanak.

Kegiatan kuliah kerja nyata yang dilaksanakan oleh mahasiswi kelompok 51 yang terdiri dari bunda-bunda PAUD memberi warna baru pada kegiatan di Pondok Pesantren Nurul Khoir Wonorejo Rungkut Surabaya, meski dilaksanakan secara online maupun offline dengan protokol kesehatan yang ketat, seperti yang disampaikan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Destita Shari.

Semua program yang telah dirancang dan dilaksanakan, diharapkan mampu menumbuhkan semangat pada santri-santri yang ada di pondok pesantren untuk lebih mengembangkan kemampuan diri dalam bidang akademik maupun non akademik, sehingga untuk dapat menjadi bekal kemampuan yang dimiliki pada setiap santri.

(Ari)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.