Berhasil Curi Perhatian Siswa di Lamongan, Mahasiswa PMM UMM Gunakan Komik Edukatif

  • Whatsapp

LAMONGAN, RadarBangsa.co.id – Dimasa pandemi ini edukasi mengenai virus corona sangatlah penting bagi semua kalangan tanpa memandang usia.

Hal inilah yang menjadi dasar tim Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang mengadakan edukasi mengenai COVID-19 kepada anak-anak.

Bacaan Lainnya

Sasaran edukasi kali ini diperioritaskan pada anak-anak usia 7-12 tahun dikarenakan pentingnya mereka mengetahui. Selain itu, tingkat perkembangan pengetahuan anak masih belum dapat memahami penjelasan secara abstrak (tanpa bukti yang nyata) seperti virus korona ini.

Dari situlah tim Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang kelompok 83 berinovasi untuk memberikan edukasi kepada siswa MIM (Madrasah Ibtida’iyyah Muhammadiyah) 07 desa Sugihan – Solokuro – Lamongan ini melalui komik edukatif.

Komik di gunakan sebagai media penyampaian informasi. Pada Komik tampilan gambar dan percakapan tokoh dianggap lebih menarik anak dan lebih dapat memusatkan pehatian anak sehingga anak dapat terfokus dengan penyampaian informasi melalui komik tanpa merasa jenuh.

Tim PMM 83 UMM yang beranggotakan Happy May Sunday B.R., Risyad Nugrawan Widodo, Abdul Manaf Tri W., Nur Elisa, Rohmat Lucky Affandhi melaksanakan edukasi pengenalan corona melalui komik dengan judul komik “Petualangan Fika dan Cilu Mengenal Virus Corona” pada Rabu, 25 Agustus 2020 pukul 09.00 yang bertempat di mushola Al – Ikhlas yang terletak di lingkungan sekolah. Kegiatan ini diawasi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Lourina Evanale Orfa, ST., M.Eng.

Dalam kegiatan tersebut kami memberikan edukasi langsung mengenai pengenalan virus corona melalui komik edukatif yang berjudul “Petualangan Fika dan Cilu Mengenal Virus Corona” dengan menampilkan komik tersebut pada layar proyektor.

Pada edukasi ini tidak hanya menampilkan komik saja, tim PMM 83 UMM juga menarasikan percakapan pada komik tersebut, selain itu tim PMM 83 UMM juga mengajarkan siswa bagaimana cara mencuci tangan dengan benar. Untuk menambah antusias siswa tim PMM 83 UMM juga mengadakan tanya jawab mengenai isi komik edukatif yang berjudul “Petualangan Fika dan Cilu Mengenal Virus Corona” dan memberikan hadiah kepada siswa yang dapat menjawab pertanyaan. Sistem tanya jawab ini yakni siapa yang paling cepat mengangkat tangan akan mendapat dapat kesempatan menjawab pertanyaan.

Sebelum kegiatan dimulai, tim PMM 83 UMM juga sempat melontarkan pertanyaan sederhana kepada siswa mengenai pengetahuan terkait COVID-19 yang bertujuan untuk mengukur tingkat pengetahuan siswa tentang COVID-19 dan memudahkan tim dalam penyampaian edukasi yang mudah dipahami oleh kalangan siswa.

Dari pertanyaan sederhana seperti “apa itu virus Corona?” hampir keseluruhan siswa dapat menjawabnya dengan benar, sehingga dapat diketahui bahwasanya pengetahuan dasar tentang COVID-19 sudah didapatkan para siswa baik itu dari orang tua masing-masing ataupun dengan melihat informasi melalui televisi.

Langkah selanjutnya adalah dengan penyampaian edukasi lebih lanjut tentang COVID-19 yang meliputi: cara penyebaran virus Corona, gejala yang dirasakan saat tertular virus Corona, hal-hal yang harus dilakukan ketika merasakan gejala, pengetahuan tentang antibodi dan cara kerjanya, pengetahuan tentang vaksin dan proses yang terjadi setelah vaksinasi, alasan mengenai tidak diperbolehkannya kegiatan diluar rumah, beberapa sektor pekerjaan yang harus tetap bekerja diluar rumah, kegiatan apa saja yang bisa dilakukan selama dirumah saja, hal-hal sederhana yang bisa dilakukan untuk membantu mengurangi penyebaran virus, serta pentingnya makan makanan bergizi terutama sayur dan buah-buahan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Pada penghujung acara tim PMM 83 UMM membagikan Handsanitizer dan snack. Pembagian Handsanitizer bertujuan untuk mendukung siswa dalam rangka memenuhi kebutuhan New Normal Starter Kit. New Normal Starter Kit ialah perangkat pribadi yang harus dimiliki dan dibawa pada era new normal, seperti: handsanitizer, masker, perlengkapan ibadah dan makan.

“Walaupun edukasi diadakan secara langsung namun dalam proses penyampaian edukasi ini, kami tim PMM 83 UMM selaku penyelenggara kegiatan edukasi pengenalan corona melalui komik edukatif yang berjudul “Petualangan Fika dan Cilu Mengenal Virus Corona” tetap menerapakan pembiasaan protokol COVID-19, diantaranya dengan pembiasaan penggunaan masker dan menjaga jarak serta mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktifitas. Harapan kami melalui edukasi ini kalangan anak-anak dapat lebih memahami mengenai COVID-19 dan dapat menerapkan kebiasaan pencegahan COVID-19.” Ujar Happy May Sunday B.R. selaku koordinatoer PMM 83 UMM Desa Sugihan.

Kegiatan ini juga mendapatkan sambutan yang hangat dan respon yang positif dari kepala sekolah, guru, dan siswa MIM 07 Sugihan.
“Kegiatan ini sangat membantu dalam mengedukasi siswa, apalagi media yang digunakan berupa komik edukasi yang membuat siswa sangat antusias dan bersemangat mengikuti edukasi ini.

Kami mengucapkan terima kasih atas waktu yang diberikan oleh tim PMM 83 UMM di sekolah kami, dan harapannya ini juga menjadi satu langkah bagi mahasiswa untuk menyalurkan pengetahuannya serta mendekatkan dirinya kepada masyarakat lewat aktifitas pengabdian secara langsung.” Jelas Hamim Tohari selaku Kepala Sekolah MIM (Madrasah Ibtida’iyyah Muhammadiyah) 07 Sugihan – Solokuro – Lamongan.

(Hmsbr/Happy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *