Bersama Rumah Kita Foundation, Kemendikbudristek Luncurkan Program Pengembangan Sekolah Karakter

Tangkapan layar peluncuran program pengembangan sekolah karakter via Zoom Meeting

SURABAYA, RadarBangsa.co.id – Rumah Kita Foundation (RKF) bersama dengan Direktur Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, dan Tenaga Kependidikan, Ditjen GTK, Kemendikbudristek, dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban secara resmi meluncurkan Program Pengembangan Sekolah Karakter. Sabtu, (18/10/2021).

Peluncuran ini seiring dengan implementasi kerjasama antara Rumah Kita Foundation dengan Program Organisasi Penggerak (POP), Kemendikbudristek. Program ini diluncurkan untuk membangkitkan dan meningkatkan motivasi para peserta program dan juga para guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah di luar peserta program untuk bersama-sama mendukung pemerintah dalam penguatan pendidikan karakter melalui peran sekolah.

Bacaan Lainnya

Direktur Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, dan Tenaga Kependidikan, Ditjen GTK, Kemendikbudristek, Praptono, dalam sambutannya berterimakasih kepada Rumah Kita Foundation yang telah mendukung program POP melalui Program Pengembangan Sekolah Karakter. Ia juga memaparkan pentingnya peran Organisasi Kemasyarakatan dalam mendukung pendidikan di Indonesia.

Rumah Kita Foundation merupakan lembaga sosial yang didirikan oleh Prof Muchlas Samani, sejak tahun 2012 yang memiliki fokus pada upaya mereduksi disparitas sosial melalui peningkatan kualitas pendidikan dan pemberdayaan masyarakat.

Selain acara peluncuran Program Pengembangan Sekolah Karakter yang diluncurkan oleh CEO Rumah Kita Foundation, Prof Luthfiyah Nurlaela, acara ini juga dilanjutkan dengan Seminar Nasional dengan tema “Menuju Sekolah Karakter Abad 21”.

Dalam seminar tersebut, dihadiri oleh Prof Muchlas Samani, yang merupakan pakar pendidikan karakter dan juga sekaligus Founder Rumah Kita Foundation.

Selain itu, hadir juga sebagai pemateri seminar adalah Nur Khamid selaku Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban, dan pemateri yang terakhir yakni Fifi Khoirul Fitriyah, selaku peneliti dan praktisi pendidikan karakter.

Adapun Program Pengembangan Sekolah Karakter (PPSK) tahun ini bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban yang mana penerapannya adalah pada 19 Sekolah Dasar di Kecamatan Montong dan Kerek, Kabupaten Tuban.

Mokhamad Sodikin selaku Manager Program menyampaikan terimakasih khususnya kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban yang dari awal telah mendukung PPSK ini dijalankan di Kabupaten Tuban.

Peluncuran Program Pengembangan Sekolah Karakter dan Seminar Nasional ini dihadiri oleh ratusan peserta yang sebagian besar berasal dari Jawa Timur, dan juga banyak peserta dari luar Jawa Timur yakni dari Bengkulu, Lampung, Jawa Barat, DKI Jakarta, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Ambon, dan Papua.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *