Bersama Tiga Pilar, Tinjau Kesiapan Vaksinasi Covid-19 di Lamongan

  • Whatsapp
Kapolres Lamongan AKBP. Miko Indrayana, S.I.K., dan Komandan Kodim 0812 Lamongan Letkol Inf Sidik Wiyono, SH., M.Tr.Han mengiringi lawatan Bupati Lamongan ikut bersama sama Satgas Covid-19 Lamongan yang lainnya melakukan peninjauan Vaksin Covid-19 di Kantor UPT. Instalasi Farmasi Kabupaten [IST]

LAMONGAN, RadarBangsa.co.id – Kapolres Lamongan AKBP. Miko Indrayana, S.I.K., dan Komandan Kodim 0812 Lamongan Letkol Inf Sidik Wiyono, SH., M.Tr.Han mengiringi lawatan Bupati Lamongan ikut bersama sama Satgas Covid-19 Lamongan yang lainnya melakukan peninjauan Vaksin Covid-19 di Kantor UPT. Instalasi Farmasi Kabupaten (IFK) Jln. Kusuma Bangsa No. 22-24 Lamongan dan sekaligus penyerahan 11 mobil ambulance Public Safety Center (PSC) 119.

Satgas Covid-19 Kabupaten Lamongan terus melakukan kesiapan dalam pelaksanaan program vaksinasi mulai dari kesiapan vaksinator, sarana dan prasarana, hingga uji coba distribusi vaksin ke kecamatan terjauh, Jumat pagi (22/1).

Bacaan Lainnya

“Pandemi Covid-19 di Lamongan masih belum mereda, berbagai upaya terus kita lakukan dalam penanganan Covid-19 dan pemulihan masyarakat, tetap terapkan protokol kesehatan.

Usai meninjau sarana persiapan dan kesiapan vaksinasi, Bupati Fadeli menyerahkan mobil ambulance Public Safety Center (PSC) 119 kepada 11 puskesmas,” ujarnya.

Pada kali ini, dr Taufik Hidayat Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan menjelaskan, “Perlu kami laporkan bahwa, Lamongan telah siap melaksanakan vaksinasi. Distribusi vaksin diperkirakan tanggal 27 sampai dengan 28 Januari dan pelaksanaan kegiatan awal Februari.

Dengan dukungan 410 tenaga kesehatan yang tersebar di 36 pelayanan kesehatan. Di masing-masing pos pelayanan kesehatan telah disipakan secara matang, mlai dari penyediaan mekanisme antrean, meja pendaftaran, alat cek kesehatan, tempat vaksinasi, hingga ruang tunggu apabila terjadi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

Kesiapan SDM, selain itu, dr. Taufik juga menjamin sarana lainnya telah siap, seperti sarana cold cain (menjaga rantai dingin) dari tingkat penyimpanan hingga pelaksanaan (distribusi) untuk menjaga suhu vaksin antara 2 hingga 8 derajat celcius, sehingga vaksin tetap terjaga dan tidak rusak.

“Terdapat 10 refrigerator (alat untuk mengurangi atau mempertahankan suhu ruang di bawah suhu sekitarnya) yang disiapkan di Gudang Farmasi Dinkes Lamongan. Enam diantaranya kita khususkan di awal, untuk vaksin Covid-19 dengan kapasitas 6.000 hingga 8.000 vial. Karena 1 refrigerator dapat menyimpan kurang lebih 1.500 vaksin vial,” jelasnya.

Diterangkan kembali oleh dr Taufik, terdapat satu unit mobil yang telah disiapkan secara khusus untuk pendistribusian vaksin ke pelayanan kesehatan yang telah lolos uji coba. Dengan sasaran pertama sejumlah 6.650 tenaga kesehatan,” terangnya.

Dalam kegiatan ini di ikuti juga oleh, Dr. Ir. Aris Mukiyono,M.T.,M.M PJ. Sekda Lamongan, Kapolsek Lamongan Kota Kompol Budi Santoso, dr. Moh. Chaidir Annas, M.M.Kes Direktur RSUD dr. Soegiri Lamongan), OPD Kabupaten Lamongan, Kepala Puskesmas Kabupaten Lamongan.

Adapun rangkaian kegiatan ini adalah Peninjauan ruang vaksinasi, Penguntingan pita ambulance 119 sebanyak 11 unit, Penyerahan secara simbolis kunci mobil ambulance 119, Pembacaan doa, Laporan oleh Kepala Dinas kesehatan Lamongan dr. Taufik Hidayat, Sambutan Bupati Lamongan H. Fadeli, SH.,MM., Selama kegiatan berjalan dengan tertib, lancar dan aman,” kata Iptu Estu Kwindardi Kasubbag Humas Polres Lamongan.

(Ipl)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *