BPBD Jatim, Relawan PB Sinergi dan Gotong Royong Menanggulangi Bencana

PAMEKASAN, RadarBangsa.co.id – Menanggulangi bencana merupakan kewajiban bersama seluruh komponen bangsa. Mulai dari bidang pemerintah, dunia usaha, komunitas masyarakat, media dan akademisi.

Selain itu, harus bergerak bersama dalam mitigasi dan tanggap darurat sebagai suatu gerakan sinergis pentaheliks. Sebagai unsur utama, kesiapan komunitas dan masyarakat merupakan subjek pengurangan resiko bencana terutama di Jawa Timur.

Bacaan Lainnya

Nah, semangat inilah yang diusung oleh Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan atau PK BPBD Provinsi Jawa Timur, untuk mensinergikan ratusan Relawan se Jatim dalam Rapat Koordinasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan selama 2 hari di Hotel Singgasana, Gunung Sari Surabaya, Jawa Timur.

Selanjutnya, Kabid PK BPBD Jatim, Gatot Soebroto menyampaikan, mensinergikan dengan semangat gotong royong dalam penanggulangan di Jawa Timur, sehingga diharapkan semua komponen pentahelik dapat selaras. Baik dari unsur relawan SRPB Jatim, maupun gerakan FPRB Jatim.

“Adanya informasi terkait Tsunami dari ITB, dan BMKG yang menginfokan akan adanya fenomena Lanina. Sehingga, melalui pertemuan ini diharapkan semua pihak dapat mengetahui terkait dengan antisipasinya dalam keadaan pandemi,” ujarnya.

Perlu berkoordinasi, Dalam penanganan bencana saat diselimuti pandemi Covid-19, saat ada di lapangan semua komunitas tahu apa yang akan dilakukan dan tidak tumpang tindih.

“Anda semua adalah pahlawan, relawan menjadi unsur penting dalam penanggulangan bencana, BPBD tanpa relawan tidak akan maksimal dalam bergerak,” pungkasnya

(Mer)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *