BPBD Lamsel Gelar Sosialisasi Pelatihan Dasar Satgas Penanggulangan Bencana

LAMPUNG SELATAN, RadarBangsa.co.id – Demi Terwujutnya Peningkatan SDM Aparatur dan Masyarakat Dalam Penanggulangan Bencana.BPBD Kabupaten Lampung Selatan Gelar Pelatihan Dasar Satgas Penanggulangan Bencana.Kamis,(21/11/2019).

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Drs.H.Darmawan Kalak BPBD Kabupaten Lampung Selatan,yang dipusatkan di lapangan Limboenk Desa Kunjir Kecamatan Rajabasa tersebut selain dihadiri oleh Kepala Desa Kunjir Rio Imanda,SH,MH beserta jajarannya,turut pula dihadiri oleh Camat Rajabasa yang diwakili oleh Komaruddin selaku Sekretaris dan peserta pelatihan.

Bacaan Lainnya

Salam sambutannya Drs.H.Darmawan selaku Kalak BPBD Kabupaten Lampung Selatan menyampaikan,kegiatan sosialisasi ini sudah dilakukan di beberapa kecamatan yang ada dikabupaten lampung selatan,kegiatan sosialisasi ini juga tidak semua desa,karena anggarannya terbatas.

“Bersyukur karena saat ini kita bisa sosialisasi di desa kunjir ini.”Ujarnya

Lebih jauh dirinya menyampaikan Potensi bencana didaerah kita ini sangat banyak oleh karena itu kita harus selalu tetap waspada dan siaga.kejadian bencana alam pada 22 Desember 2018 lalu,merupakan pelajaran bagi kita.diantaranya dari segi tekhnis dilapangan dan segi tanggap .

“Jadi jika terjadi bencana lagi kita sudah tau kekurangan kewaspadaan kita.diantaranya butuh kerjasama dan komunikasi,”paparnya.

Menurut para ahli,didaerah kita banyak lempengan lempengan yang bakal memicu potensi bencana.oleh karena itu paling tidak dengan adanya sosialisasi ini pengetahuan kita dapat bertambah.

“Oleh karena itu harapan kita pada peserta pelatihan dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik,”Tambahnya.

Sementara,Wahyu Hidayat Kabid Pencegahan dan kesiap siaga BPBD menyampaikan. tujuan dari kegiatan ini tentunya meningkatkan kesiap siagaan Aparatur Desa dan Masyarakat.namun pelatihan kali ini lebih didorong ke Satgas PB.

” jadi walaupun belum jadi satgas sesungguhnya,tapi ini embrio satgas yang kita harapkan bisa menjadi satgas penanggulangan bencana tingkat desa.”Ujarnya

Dirinya juga menyampaikan kegiatan seperti ini selain dilakukan di Desa Kunjir Kecamatan Rajabasa juga dilakukan di Desa Pulau Tengah Kecamatan Palas,Desa Bandar Agung Kecamatan Sragi dan di Desa Bakauheni Kecamatan Bakauheni.

Dalam sosialisasi kali ini kita memberikan pelatihan menegement bencana serta ada rekan rekan dari Rafi yang memasang stasiun yang dapat menerima informasi bencana yang kemudian melakukan respon.

“Responnya itu yang kita lebih harapkan kepada mereka ini kemenegerial kebencanaannya,dengan adanya bencana beberapa waktu lalu,tentunya kita dapat mengenali dan tau harus melakukan apa ,”Tambahnya.

Sedangkan Menurut Komaruddin Sekretaris Kecamatan Rajabasa, kegiatan seperti ini sangatlah penting

“Saya menyambut baik acara ini.Terima kasih karena kecamatan kami salah satu yang dipilih untuk mangadakan pelatihan seperti ini.”

Harapan saya kepada pihak pengada sosialisasi agar dapat memberikan pengeymtahuannya kepada masyarakat terkait bencana.

“Tolong bagikan pengetahuan bapak kepada masyarakat yang ada disini.agar masyarakat tau dan mengerti,apa yabg harus dilakukan ketika menghadapi bencana.”Paparnya

Hal yang sama juga disampaikan oleh Rio Imanda,SH.MH Kepala Desa Kunjir.

“Kegiatan sosialisasi seperti ini sangatlah penting bagi masyarakat khususnya di Desa Kunjir Ini.”

Rio Imanda berharap kepada para peserta yang mengikuti sosialisasi pelatihan ini,agar betul betul dapat dicermati dan mendengarkan dwngan baik apa yang disampaikan.karena kegiatan seperti ini sangatlah bermanfaat sekali,apalagi kita pernah di timpa bencana.Tukasnya (Rizki)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *