BPD Serta MUI Desa Tanjungsari Bukber dan Berbagi Ta’jil Bersama Anak Yatim

BPD bersama anggota dan MUI desa Tanjungsari kecamatan Agrabinta Kabupaten Cianjur provinsi Jawa Barat sedang menyerahkan santunan kepada 30 orang lebih anak yatim se desa Tanjungsari (IST)

CIANJUR, RadarBangsa.co.id – Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Mustopa bersama anggota, merupakan lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. BPD dapat dianggap sebagai “parlemen”-nya desa, bersama Majelis UIama Indonesia (MUI) desa Tanjungsari Kecamatan Agrabinta, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat di hari keenam ramadhan 1443 Hijriyah ini selenggarakan buka bersama (bukber) dan berbagi ta’jil kepada 30 orang lebih anak yatim di sekitar desa Tanjungsari.

Dalam kesempatan itu, Mustopa Ketua BPD Tanjungsari Agrabinta menyampaikan; “landasan diselenggarakannya buka bersama dan berbagi ta’jil kepada 30 orang lebih anak yatim ini adalah karena Allah semata, dan rasa syukur atas rahmad dan nikmat yang diberikan Allah kepada kami, dan telah dijauhkannya dari segala musibah, baik musibah covid-19 yang selama dua tahun lebih mendera desa Tanjungsari bahkan dunia, juga musibah lainnya, serta berharap dimudahkannya rezki bagi kami semua masyarakat desa Tanjungsari.

Bacaan Lainnya

Kemudian, kegiatan ini juga diselenggarakan karena perintah Rasulullah Sollollohu Alaihi Wassalam sebagaimana termaktub dalam hadits: “Aku dan orang yang memelihara anak yatim itu akan masuk surga seperti ini,”. Nabi memberi isyarat dengan jari telunjuk dan jari tengah dan merenggang keduanya. (HR. Bukhari).
Bahkan dalam hadits yang lain rasulullah sampaikan “Allah sediakan surga”: Barangsiapa menjaga anak yatim di antara umat Islam sampai menjaga makannya, dan minumnya, maka Allah pasti bakal memasukan orang itu ke dalam surga. Kecuali orang itu berbuat dosa yang tidak bakal diampuni. (HR Tirmudzi).

Selanjutnya ia juga menyampaikan, Allah SWT akan memberi rezeki begitu luas kepada hamba-Nya yang mau berbagi, menyantuni, dan menyisihkan sebagian rezekinya kepada orang yang membutuhkan, khususnya anak yatim.

“Hadis ini menggambarkan bahwa surganya Rasulullah SAW dengan surga orang-orang yang menyantuni anak yatim itu sangat dekat,” kata Mustopa Ketua BPD Tanjungsari di Sekretariat BPD Tanjungsari Kecamatan Agrabinta kepada jurnalis RadarBangsa.co.id, Jum’at (08/04/2022).

Orang yang menyantuni anak yatim di dunia akan mendapat kedudukan tertinggi di surga, dekat dengan kedudukan Rasulullah SAW. Dari Abu Umamah, Nabi Muhammad SAW juga pernah berkata.

“Barangsiapa yang mengusap kepala anak yatim laki-laki atau perempuan karena Allah, adalah baginya setiap rambut yang diusap dengan tangannya itu terdapat banyak kebaikan, dan barang siapa berbuat baik kepada anak yatim perempuan atau laki-laki yang dia asuh, adalah aku bersama dia di surga seperti ini, beliau mensejajarkan dua jari-nya.”

Lebih lanjut Mustopa mengatakan faedah menyantuni anak yatim juga bisa melembutkan hati seseorang. Rasulullah SAW pernah bersabda. “Bila engkau ingin agar hati menjadi lembut dan damai dan Anda mencapai keinginanmu, sayangilah anak yatim, usaplah kepalanya, dan berilah dia makanan seperti yang engkau makan. Bila itu engkau lakukan, hatimu akan tenang serta lembut dan keinginanmu akan tercapai.” (HR Thabrani)

Orang-orang yang tenang hati dan jiwanya, sebut Mustopa nantinya tercermin kala dia beribadah dan bekerja. Ketika dia melayani orang lain, maka orang lain pun menjadi senang padanya. “Apa yang kita sedekahkah kepada orang lain, itulah harta kita sebenarnya. Yang kita nikmati di dunia akan habis. Namun, ketika kita memberikan apa yang kita miliki untuk orang lain yang membutuhkan, itulah harta sesungguhnya yang kita bawa mati,” jelas Mustopa

Manfaat terakhir bersedekah, salah satunya menyantuni anak yatim adalah dapat menolak bencana. Rasulullah SAW bersabda, “Bersegeralah bersedekah, sebab bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah. (HR. Imam Baihaqi)

Kegiatan buka bersama dan berbagi ta’jil dengan anak yatim ini baru pertama sekali diselenggarakan oleh kami BPD bersama MUI desa Tanjungsari ini, Insyaa Allah kedepannya jika Allah berikan kami kembali rezki yang lebih, tentusaja kita selenggarakan kembali. Terangnya

Kami sangat berharap, apa yang kami selenggarakan pada kesempatan ini merupakan motivator bagi rekan-rekan BPD lainnya sekecamatan Agrabinta ini, sehingga lara anak-anak yatim, yatim piatu dapat perhatian serius dan diridhai Allah Swt tutupnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *