Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani : Pulihkan Ekonomi, Bantuan Alat Usaha Gratis Mulai Digulirkan

  • Whatsapp
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani saat menyerahkan langsung bantuan itu di Dusun Gunung Raung, Desa Kajarharjo, yang berada di lereng Gunung Raung, dalam program Bupati Ngantor di Desa (Bunga Desa), Rabu (7/4/2021) [IST]

BANYUWANGI, RadarBangsa.co.id – Program pemulihan ekonomi lokal terus digeber Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani. Kali ini, bantuan alat usaha gratis untuk warga digelontorkan. Salah satunya untuk warga di kaki Gunung Raung.

Sebanyak 20 warga di kaki Gunung Raung mendapatkan bantuan peralatan pembuatan kue, seperti oven, loyang, mixer, dan berbagai alat pendukung lainnya. Sebelumnya, mereka telah mendapat pelatihan pembuatan berbagai jenis kue.

Bacaan Lainnya

“Ini harus dimanfaatkan. Warga yang belum punya usaha, dengan alat ini bisa mulai merintis. Kan sebentar lagi puasa dan Lebaran, banyak permintaan kue. Ayo dimanfaatkan,” ujar Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani saat menyerahkan langsung bantuan itu di Dusun Gunung Raung, Desa Kajarharjo, yang berada di lereng Gunung Raung, dalam program Bupati Ngantor di Desa (Bunga Desa), Rabu (7/4/2021). Selama seharian, Ipuk berkantor di desa tersebut.

Ipuk mengatakan, akan ada 550 warga yang mendapat bantuan alat usaha gratis selama dua bulan ke depan. “Jenisnya macam-macam, sesuai kebutuhan warga. Ada yang untuk olahan pangan, termasuk kompornya, dan sebagainya,” ujarnya.

Ipuk menjelaskan, bantuan alat usaha gratis adalah salah satu bagian dari program pemulihan ekonomi. Selain bantuan alat usaha, Ipuk menggeber program UMKM naik kelas, hari belanja pasar tradisional, warung naik kelas, dan sebagainya.

“Dengan bantuan alat usaha gratis, Insya Allah ini mendorong kemandirian warga, memfasilitasi mereka untuk berwirausaha. Tentu bukan hanya diberi alat usaha, tapi juga pelatihannya,” jelas Ipuk yang baru dilantik pada 26 Februari tersebut.

Salah seorang warga yang menerima bantuan alat usaha, Hesti Rahayu, sangat antusias dengan program tersebut.

“Sabentar lagi bulan puasa, cocok untuk memulai usaha kue kering. Semoga saja berjalan lancar. Bantuan ini sangat berharga di tengah situasi pandemi semacam ini,” kata Hesti.

“Ini pengalaman bagus, selain diserahkan bantuan alat, ada juga ada pelatihannya. Memperkaya wawasan kita,” imbuh Ariani, warga lainnya yang menerima alat usaha.

Selain menyerahkan bantuan alat usaha, selama berkantor di Desa Kajarharjo, Bupati Ipuk juga menyerahkan program “Warung Naik Kelas” alias Wenak untuk 20 warung mikro. Ini merupakan perbaikan warung kecil dan memberikan bantuan alat-alat usaha sesuai kebutuhan pemilik warung, seperti etalase, dispenser, blender, kompor, meja-kursi, peralatan makan, dan lainnya. (**/Har)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *