Bupati Benny Utama Buka Sosialisasi Adat Budaya Minangkabau bagi Bundo Kanduang

PASAMAN, RadarBangsa.co.id – Sedikitnya ratusan pengurus Bundo Kanduang dari kecamatan dan nagari di Kabupaten Pasaman gelar Sosialisasi Adat Budaya Minangkabau yang di buka langsung oleh Bupati Pasaman H.Benny Utama di Aula Syamsiar Thaib Lubuksikaping, Senin (14/11/22).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Pasaman H.Benny Utama, Ketua GOW Pasaman Ny Denny Sabar AS, Kepala Dinas DP3AP2KB Ir. Furkan, Ketua harian LKAM Pasaman, Ketua Bundo Kanduang Pasaman Ny Cici Masril.

Bacaan Lainnya

Ketua Bundo Kanduang Kabupaten Pasaman Ny Cici Masril dalam laporanya pada kesempatan tersebut mengatakan, Dalam perjalanannya Organisasi Bundo Kanduang pada bulan Maret dan April tahun 2022 dalam kegiatan sosial telah berpartisipasi manyalurkan bantuan terhadap korban gempa di Kecamatan tigo Nagari melalui penggerak Bundo Kanduang

Disamping itu Bundo Kanduang juga telah memberikan edukasi atau penyuluhan pada saat kegiatan pesanteren Ramadhan dan masa pengenalan lingkungan sekolah
Selain itu juga telah dilaksanakan Musda dan pengukuhan Bundo Kanduang di 11 kecamatan, kecuali kecamatan tigo Nagari yang masih dalam proses pelaksanaan,” ujar Cici.

Bupati Pasaman H. Benny Utama selaku payuang Panji Bundo Kanduang di Pasaman dalam arahanya kepada seluruh peserta sosialisasi menyebutkan, ia selaku Bupati Pasaman akan tetap mendukung dan selalu hadir dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan Bundo Kanduang di Pasaman.

Disamping itu ia juga mengatakan, terkhusus Bundo kanduang ataupun LKAM lebih memahami adat dan budaya Minangkabau

Terkait banyaknya kegiatan organisasi Bundo Kanduang dalam mendukung visi dan misi Kabupaten Pasaman, untuk itu Pemerintah Daerah telah menganggarkan organisasi tersebut dalam APBD sekitar 150 juta rupiah, hal tersebut merupakan salah satu wujud perhatian pemerintah daerah terhadap organisasi terkhusus Bundo Kanduang.

Melihat banyaknya Tantangan yang di hadapi Bundo Kanduang era digitalisasi dan globalisasi, untuk itu peran Bundo Kanduang sangat penting dalam mengawal generasi muda agar tidak terjerumus pada yang budaya negatif.

Dalam hal ini Benny utama juga menyinggung terkait Visi dan Misi Kabupaten Pasaman dengan 10 program perioritas yang tujuannya untuk memajukan Pasaman yang lebih baik dan bermartabat.

Terkait dengan dekatnya Pemilihan Umum dan pemilihan Wali Nagari, Bundo Kanduang diharapkan berperan untuk mensukseskan kegiatan tersebut.

Diakhir sambutanya H Benny Utama berharap, Bundo Kanduang dapat menjadi mitra Pemerintah Daerah dalam penyampaian pesan pesan pemerintah terhadap masyarkat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *