Bupati Cianjur Membuka Pelatihan Pengrajin Batik dan ini Harapanya

Bupati Cianjur H. Herman Suherman. ST. MAP sedang menyerahkan kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk UMKM pengrajin batik

CIANJUR, RadarBangsa.co.id – “Pelatihan Batik Khas Cianjur ini adalah cita – cita saya sejak lama, saya ingin batik khas Cianjur lebih meningkat kualitasnya dan produksinya, Saya ingin nama Cianjur bisa terangkat melalui kerajinan batik” ucap Bupati Cianjur H. Herman Suherman. ST. MAP dalam Pembukaan Pelatihan Batik Khas Cianjur yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi, UMKM, perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Cianjur. di Hotel Delaga Biru Cipanas. Rabu, (08/09/2021).

Bupati berharap melalui pelatihan ini para peserta dapat lebih ulet, terampil dalam mengembangkan seni batik khususnya batik khas Cianjur.

Bacaan Lainnya

“Melalui pelatihan ini pula Bupati berharap akan muncul inovasi dan gagasan untuk meningkatkan kualitas batik khas Cianjur, baik dari motif, warna dan kualitas kain sehingga nama Cianjur bisa lebih terangkat lagi melalui batik Khas Cianjur.

“Pemeritah Kabupaten Cianjur akan memfasilitasi dan membantu para pengrajin batik, bukan hanya dengan menyelenggarakan pelatihan saja.

Pemkab Cianjur akan memfasilitasi dan membantu dalam pemasarannya, yaitu menyediakan lahan khusus untuk UMKM termasuk para pengarjin batik.

“Lahan yang sedang disiapkan untuk gerai produk UMKM Cianjur yaitu eks terminal Rawabango, yang akan kita siapkan dan kita tata mejadi tempat atau gerai untuk promosi dan pemasaran produk UMKM Cianjur” tambah Bupati.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi, UMKM, perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Cianjur Tohari Sastra menjelaskan, “pelatihan ini bertujuan untuk meningkakan pengetahuan dan keterampilan, memberikan pemahaman tentang design dan motif serta untuk memberikan wawasan tentang teknik dan pewarnaan agar kualitas batik lebih baik”.

Kegiatan ini diikuti oleh 18 pengrajin batik dengan naras umber dari BPJS LP3M HIBAR, batik Kecirebonan dan dari Balai Besar Kerajinan dan Batik Jogjakarta.

(AE Nasution/Hms)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *