Bupati Harap Jenazah TKW asal Tegal Ciut Segera Dipulangkan

0
366
Ket Gambar : Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, M.ML., yang akrab dengan sapaan (Cak Thoriq)

Lumajang, Radarbangsa.co.id – Tim SBMI (Serikat Buruh Migran Indonesia) Kabupaten Lumajang, terus berupaya untuk memulangkan jenazah Mistiwati (44), seorang TKW (Tenaga Kerja Wanita) yang meninggal di Malaysia, hal itu dilakukan dengan menemui Bupati Lumajang, Senin (8/4).

Usaha tim SBMI tak sia sia, akhirnya, terkait Pemulangan TKI yang meninggal di Malaysia tersebut mendapat respon yang sangat baik dari Bupati lumajang, H. Thoriqul Haq, saat ditemui Tim SBMI di ruang kerjanya.

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, M.ML., yang akrab dengan sapaan (Cak Thoriq) mengaku sudah mendengar tentang meninggalnya Mistiwati (44) TKW (Tenaga Kerja Wanita) asal Tegal Ciut, kecamatan klakah, kabupaten Lumajang, Jawa timur yang meninggal dunia pada minggu (31/3/2019) lalu. Hal itu disampaikan Cak Thoriq pada sejumlah media seusai bertemu dengan Tim SBMI (Serikat Buruh Migran Indonesia) kabupaten Lumajang, Senin (8/4/2019).

Menurut Bupati, pihaknya sudah mengambil langkah langkah, untuk mengupayakan Pemulangan almarhum Mistiwati TKW asal Tegal Ciut tersebut. Kendati TKW tersebut ilegal, pihaknya tetap akan mengupayakan yang terbaik.

“Teman teman sudah menghubungi keluarga, ada juga yang terus berkomunikasi dengan teman teman yang berada di Malaysia”, jelasnya.

Prinsipnya, secara kelembagaan pihaknya terus berkomunikasi dengan pihak KBRI maupun kemnaker untuk prosesi Pemulangan,” ujarnya.

Ia menegaskan, Pilihan kita tetap Pemulangan, memang biayanya cukup besar, disisi lain almarhumah adalah tenaga kerja indonesia yang ilegal jadi tidak ada jaminan dari pihak manapun terkait dengan akibat dari meninggalnya dari almarhumah,” jelas Cak Thoriq.

Karena ilegal, tentu pengurusan nya akan lebih rumit. Saya berharap dalam satu dua hari kedepan ini harus sudah ada keputusan, apakah dimakamkan di Malaysia, atau di bawa pulang di makamkan di lumajang,” paparnya.

“Namun pilihan kita saat ini tetap di bawa pulang,” pungkas Cak Thoriq.

Reporter: Riaman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here