Bupati Lamongan Ajak PPK Kawal Pilkada 2024 dengan Profesionalitas

PPK
Bupati Lamongan Yuhronur Efendi hadiri pelantikan 135 anggota PPK di Rumah Makan Aqilla, pada Kamis (16/5) (IST)

LAMONGAN, RadarBangsa.co.id – Hadir dalam upacara pelantikan dan pengambilan sumpah anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur serta Bupati dan Wakil Bupati Lamongan pada Kamis (16/5) di Rumah Makan Aqilla, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mengajak 135 anggota PPK (5 anggota per kecamatan) yang baru saja dilantik oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lamongan, Mahrus Ali, untuk mengawal suksesnya Pilkada 2024.

Selain itu, orang nomor satu di Lamongan tersebut juga meminta PPK yang baru saja dilantik untuk melayani hak konstitusional masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Pertama, saya ucapkan selamat kepada seluruh PPK yang baru saja dilantik. Saya mengajak saudara semua untuk mengawal keberhasilan Pilkada serentak 2024. Pilkada ini merupakan salah satu media untuk menyalurkan hak konstitusional masyarakat,” tutur Pak Yes.

Pak Yes menjelaskan bahwa keberhasilan Pilkada dapat dicapai dengan menerapkan kredibilitas dan profesionalitas petugas. Selain itu, keberhasilan tersebut juga dapat diwujudkan melalui penerapan azas Luber-Jurdil (Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur, dan Adil).

“Pelaksanaan Pilkada tahun ini harus berhasil, seperti halnya keberhasilan pelaksanaan Pemilu yang ditandai dengan partisipasi masyarakat mencapai angka di atas 80%. Keberhasilan tentu dapat diwujudkan salah satunya dengan tanggung jawab, kredibilitas dan profesionalitas PPK,” terang Pak Yes.

Lebih lanjut Pak Yes mengingat bahwa akan ada tantangan dalam mengawal proses demokrasi di Lamongan. Mengingat Lamongan merupakan daerah dengan jumlah desa terbanyak di Jawa Timur, yakni 462 desa dan 12 kelurahan. Hal demikian harus dijadikan acuan agr terus meningkatkan kolaborasi antar tim.

Momen menunggu berlangsungnya Pilkada secara serentak nasional yang dilaksanakan pada 27 November 2024 mendatang. Pak Yes menghimbau agar momentum ini dapat dimanfaatkan oleh PPK Lamongan untuk memberikan sosialisasi terkait literasi Pilkada kepada masyarakat.

“Di era gencarnya kemajuan teknologi informasi harus dimanfaatkan untuk efektivitas penyelenggaraan pemilu. Sosial media dapat dijadikan media untuk edukasi kepada masyarakat,” kata Pak Yes.

Anggota PPK Pilkada Lamongan yang baru saja dilantik sebelumnya telah melakukan seleksi administrasi hingga tes tertulis. Menurut Ali rangkaian seleksi tersebut bertujuan untuk mewujudkan anggita yang memiliki integritas, sehingga dapat mewujudkan pesta demokrasi yang bermartabat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *