Bupati Ngawi Mendampingi Mensos Kunjungi Anak Pengidap Hidrosefalus di Ngawi

Menteri Sosial Tri Rismaharini
Menteri Sosial Tri Rismaharini didampingi Bupati Ngawi menjenguk sekaligus memberikan bantuan untuk Elvano anak berusia 3 tahun (Dok foto IST)

NGAWI, RadarBangsa.co.id – Menteri Sosial (Mensos)Tri Rismaharini didampingi Bupati Ngawi menjenguk sekaligus memberikan bantuan untuk Elvano anak berusia 3 tahun yang mengidap hidrosefalus di Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Minggu(03/12/2023)

Saat berkunjung, Tri Rismaharini menyapa Elvano dan melihat responnya yang juga aktif berkomunikasi meskipun Elvano belum bisa berbicara.

Bacaan Lainnya

“Halo Elvano, wah anak pinter ini, suka mainan apa? Mobil-mobilan ya?,” sapa Risma.

Sapaannya disambut dengan tawa ala Elvano, meskipun tak mampu membalas, Elvano merespon dan tersenyum dengan menerima pemberian mainan yang diberikan untuknya.

Menteri Sosial memastikan kebutuhan Elvano dan keluarga bisa tercukupi.

“Untuk biaya pengobatan memang sudah ditangani BPJS Kesehatan tapi ada beberapa hal yang tidak tercover seperti biaya operasional dan sehari-hari, maka dari itu akan dibantu oleh Kemensos melalui sentra-sentra yang ada di daerah dan juga Kitabisa,” jelas Risma

Melalui Sentra Terpadu Kartini Temanggung, Kementerian Sosial melakukan pendampingan perawatan kesehatan untuk Elvano ke Rumah Sakit Dr. Soeroto Ngawi yang kemudian dirujuk ke Poli Anak Jantung dan Spesialis Bedah Syaraf RSUD dr. Moewardi Surakarta.

Bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) diberikan oleh Kemensos dengan total senilai Rp 14.428.980 yang terdiri dari bantuan operasional dukungan layanan kesehatan, bantuan pemenuhan hidup layak dan tambahan nutrisi berupa susu, diapers, perlengkapan kebersihan diri, almari pakaian dll, serta bantuan kewirausahaan bagi Ibu Elvano berupa warung kelontong/sembako dan tambahan perlengkapan bahan untuk usaha menjahit.

Pada kesempatan yang sama Kitabisa.com juga menyerahkan donasi bagi Elvano dan keluarga dengan dana yang terkumpul sebanyak Rp37.558.255 dari 1.907 donatur. Dana ini untuk membantu biaya operasional selama pengobatan Elvano.

Seluruh bantuan yang diberikan ini diupayakan dapat membantu menopang perekonomian keluarga Elvano selama masa pengobatan agar seluruh kebutuan sehari-harinya tercukupi.

Tak hanya dukungan secara materil, Risma juga memberikan motivasi kepada Ibu Elvano.

“Ibu ngga boleh nyerah dan harus kuat terus, percayalah Tuhan menitipkan adek itu karena ibu mampu, meskipun hidrosefalus ini prosesnya sangat panjang ibu harus semangat, saya liat juga Elvano bisa aktif komunikasi dan respon dan perlu terus dilatih,” tambah Risma.

Ke depannya, Menteri Sosial menegaskan bahwa Kementerian Sosial akan terus mendampingi dan memonitor perkembangan kesehatan Elvano dan juga kewirausahaan warung sembako dan usaha menjahit untuk keluarga Elvano.

“Terima kasih Kementerian Sosial dan Kitabisa semoga bantuannya berkah dan semoga Elvano bisa sembuh seperti anak-anak lainnya,” ucap Yulie Fatmawaty, Ibu Elvano sambil menangis.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *