Bupati Sidoarjo Menggelar Lomba antar RT

Bupati sidoarjo

SIDOARJO, RadarBangsa.co.id – Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali menggelar lomba antar RT (Rukun Tetangga) di Aula Delta Wibawa pada Kamis (30/11/2023). Kategori perlombaan antar RT dibagi menjadi 5 kategori yaitu : RT Kesehatan, RT Asri, RT Tahan Pangan, RT Budaya dan RT Jimpitan. Setiap kategori kemudian akan dievaluasi dan dipilih tiga pemenang paling baik.

Berbicara di sela-sela acara peluncuran, Bupati Sidarjo Ahmad Muhdlor Ali, mengatakan bahwa partisipasi dalam politik merupakan salah satu tujuan utama pemerintahan kabupten Sidoarjo. Lomba ini sekaligus mendukung program Self Governing Community yang akan diluncurkan pada tahun 2024 nanti.

“Hadiah pertama uang tunai Rp300 juta, juara kedua Rp85 juta, dan juara ketiga Rp53 juta, diharapkan pemenangnya dipilih dari 7 grup yang berhadiah sebesar Rp5 juta,” Katanya.

Lebih lanjut Gus Muhdlor mengatakan, pengembangan Sidoarjo memerlukan partisipasi penuh masyarakat agar bisa berkembang pesat.

Misalnya, pemberian sound system (peralatan tata suara) dan insentif kepada pengurus RT pada tahun 2024 akan berdampak pada persatuan masyarakat.

“Pemkab Sidoarjo pada hakikatnya ingin mengedepankan politik partsipatoris dan mengajak seluruh lapisan masyarakat bersama-sama membangun Sidoarjo,” ujarnya usai acara.

Gus Muhdlor, sapaan akrab, melalui kompetisi antar RT akan bisa mendorong warganya untuk berperan dalam pembangunan.

“Jadi ketika ikut lomba, hasilnya untuk diri sendiri, dan fokusnya bisa di wariskan terbaik untuk generasi mendatang dalam lingkungan yang asri,” ujarnya.

Gus Muhdlor yakin jika berhasil, maka tugas Bupati akan dimudahkan. Ia mencontohkan, pada kategori lomba RT Asri ada beberapa parameter yang mengharuskan lingkungan RT harus asri, sejuk, dan lain-lain.

“Setiap lingkungan RT harus memiliki tempat penampungan sampah dan tempat pengelolaan sampah, hal ini juga menjadi nilai plus dalam proses penilaian,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Mulyawan mengatakan kompetisi tersebut akan dilaksanakan pada tahun 2024.

“Kita akan mengadakan lomba RT pada tahun 2024, nanti akan kita informasikan lebih lanjut, dan minggu depan tanggal 10 Desember kita akan mengadakan bakti sosial pelaksanaan lomba RT ini,” jelasnya.

Budiono, Ketua Forum Tetua Desa Kabupaten Sidoarjo, menyampaikan apresiasi atas langkah yang dilakukanya. Ia mengatakan hal ini dapat mendorong masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam pengembangan.

“Tentunya upaya ini melibatkan masyarakat yang bergotong royong menyebarkan kebaikan di lingkungannya,” ujarnya.

Ia akan mendorong para kepala desa di Kabupaten Sidoarjo untuk segera menyampaikan kabar baik dari pemerintah kabupaten dan bersiap-siap melakukan upaya yang lebih baik kedepanya.

“Semua harus membangun Sidoarjo dengan lebih baik lagi, demi kita dan generasi mendatang,” tutupnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *