Camat Cidaun Cianjur Membuka Acara Musdes, Ini yang Disampaikan

  • Whatsapp
Camat kecamatan Cidaun Herlan Iskandar. S.IP di wakili Kasi Pemerintahan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Deden Moelyana. SE sedang menyampaikan arahan dan membuka acara MUSDES tentang RKPDes 2022 desa Jayapura

CIANJUR, RadarBangsa.co.id – Camat Kecamatan Cidaun Herlan Iskandar. S.IP yang diwakili Kasi Pemerintahan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Deden Moelyana. SE menghadiri, membuka secara resmi Musyawarah Desa (MUSDES) tentang RKPDes Tahun Anggaran (TA) 2022 desa Jayapura sekaligus ikut menandatangani hasil MUSDES yang digelar.

Dalam sambutan sebelum pembukaan acara MUSDES, camat kecamatan Cidaun memberikan sambutan serta arahan kepada seluruh peserta MUSDES yang hadir, diantaranya; dasar hukum, pengertian-pengertian, alur atau proses penggunaan Dana Desa (DD).

Bacaan Lainnya

Dari pantauan langsung jurnalis RadarBangsa.co.id tampak hadir dalam kegiatan itu, Camat kecamatan Cidaun yang di wakili Kasi PPM, Kepala desa Jayapura Solihin. GP beserta seluruh perangkat desa, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) desa Jayapura Badru Alam. S.Pd, M.MPd beserta anggota, tokoh masyarakat desa Jayapura, tokoh pemuda, PKK, serta undangan lainnya di Aula desa Jayapura, Rabu (17/11/2021).

Selanjutnya Camat juga menyampaikan tentang pengertian Dana Desa (DD) adalah dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan desa, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat.

“Musyawarah Desa (MUSDES) adalah musyawarah antara Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Pemerintah Desa (PEMDES), unsur masyarakat yang diselenggarakan oleh BPD untuk menyepakati hal-hal yang bersifat strategis.

Dalam alur atau proses penggunaan dana desa (DD) camat juga menyampaikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) 6 tahun, Rencana Kerja Pemerintahan (RKP) desa 1 tahun yang merupakan penjabaran dari RPJMDes. Penyusunan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (RAPBDes) yang nantinya akan menjadi Anggaran Pendapata dan Belanja Desa (APBDes) 1 tahun.

Prioritas atau hal-hal diutamakan. Publikasi dari mulai tahapan perencanaan, penggunaan DD yang merupakan trasparansi atau keterbukaan informasi penyelenggaraan pemerintahan desa dan pembangunan. Prioritas penggunaan DD yang utama atau wajib berdasarkan Permendes PDTT No. 7 Tahun 2021 yang berdasarkan tipologi desa terdiri dari; 1. Desa tidak miskin 2. Ekonomi tumbuh merata 3. Desa sehat 4. Peduli pendidikan 5. Peduli lingkungan 6. Ramah perempuan 7. Kemitraan pembangunan 8. Tanggap budaya

Di akhir sambutan, camat kembali menitik beratkan arahannya pada aturan dan peraturan penggunaan DD diantaranya; bagaimana peningkatan ekonomi produktif atau pemberdayaan, pengentasan kemiskinan, penanggulangan bencana atau kesehatan serta penguatan BUMDes.

Kepada jurnalis RadarBangsa.co.id Camat menyampaikan, desa Jayapura merupakan salah satu desa kota penopang kecamatan Cidaun, namun masih berstatus desa tertinggal.

Arahan itu bertujuan agar MUSDES Jayapura tersebut tidak mengambang kemana-mana dalam pengalokasian anggarannya melainkan diperuntukkan sesuai dasar aturan, peraturan atau perundang-undangan yang berlaku, sehingga benar-benar terencana, terarah, terlaksana lagi dapat ridha Allah Swt.

Musyarah Desa Jayapura berjalan dengan lancar, aman, dan kondusif serta memakai prokes.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *