Cara Unik Ratusan Santriwati Ponpes Wahid Hasyim Bangil Pasuruan Pringati HSN

PASURUAN, RadarBangsa.co.id – Santri Pondok Pesantren (Ponpes) Putri Wahid Hasyim Bangil punya cara unik untuk memaknai Hari Santri Nasional tahun ini.

Puluhan santriwati di ponpes tersebut memakai Baju Adat dari berbagai provinsi di Indonesia.

Bacaan Lainnya

Tak tanggung-tanggung, lebih dari 80 santriwati plus para guru dan Sang Pengasuh Ponpes juga kompak mengenakan pakaian adat yang dipilih saat Upacara Hari Santri Nasional di Halaman Ponpes Wahid Hasyim Bangil, Jumat (22/10/2021) pagi.

Dari pantauan di lapangan, Gus Wildan selaku Pembina Upacara mengenakan Baju Dayak khas Kalimantan.

Menurutnya, Indonesia adalah negara kaya budaya. Dimana di dalamnya terdapat banyak keragaman, salah satunya terlihat dari pakaian adat sebagai ciri khasnya. Atas dasar itulah, Ponpes Wahid Hasyim memilih memakai pakaian adat nusantara.

Disamping itu, Indonesia adalah negara dengan mayoritas penduduk yang beragama Islam. Sehingga sudah pasti, jutaan santri tersebar di semua wilayah NKRI.

“Karena kami merasa bahwa santri itu hadir untuk nusantara. Di mana mana ada santri, mulai Sabang sampai Merauke. Banyak suku yang memakai pakaian khasnya masing-masing. Dari sinilah, saya menggagas Upacara Hari Santri dengan konsep keragaman suku budaya dalam pakaian adat,” katanya.

Untuk bisa menghadirkan semua pakaian adat tersebut, sebagian sudah dimiliki Ponpes Wachid Hasyim, dan beberapa pakaian didapat dengan cara menyewa.

“Ada yang sudah kita punyai sendiri, namun beberapa kita sewa. Yang jelas, ini adalah bentuk kecintaan kita pada negeri ini,” terangnya.

Dalam Peringatan Hari Santri tahun 2021, Gus Wildan meminta para santri untuk tetap semangat menghadapi Pandemi, serta tidak boleh lengah dan abai dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes).

“Karena di pondok aman. Yang namanya santri juga harus ikut menjaga negeri ini sampai kapanpun. Selama pandemi, para santri wajib untuk melaksanakan apa yang sudah menjadi kebijakan pemerintah,” tutupnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *