Dalam Sehari Satresnarkoba Polres Lumajang Ringkus 4 Pria ‘Budak’ Sabu

Budak-budak narkoba yamg diamankan Polres Lumajang (Dok Foto IST)

LUMAJANG, RadarBangsa.co.id – Tak tanggung tanggung, dalam sehari Satresnarkoba Polres Lumajang Jawa timur meringkus 4 (empat) orang pria budak sabu, dari keempatnya tersebut berasal dari Kabupaten Lumajang, Kamis (14/7/2022).

Bukan tanpa sebab, mereka berempat diringkus jajaran Satresnarkoba Polres Lumajang karena telah melakukan tindak pidana tanpa hak atau melawan hukum menawarkan untuk dijual, menjual, membeli, menerima, menjadi perantara dalam jual beli, menukar dan atau memiliki, menyimpan menguasai atau menyediakan serta menggunakan Narkotika Gol 1 bukan tanaman yang diduga jenis shabu sebagaimana dimaksud dalam Pasal 114 ayat (1) sub 112 ayat (1) Jo 127 ayat (1) huruf a UURI No 35 tahun 2009, tentang Narkotika.

Bacaan Lainnya

Keempat terduga tersangka adalah : (1) berinisial ‘JP’ (40) asal Dusun Uranggantung Rt. 73 Rw. 10, Desa Jarit, Kecamatan Candipuro, (2) inisial ‘AM’ (40) asal Dusun Krajan Rt. 27 Rw. 04, Desa Jarit Kecamatan Candipuro, (3) inisial ‘DA’ (20) asal Dusun Suko II Rt. 03 Rw. 02, Desa/Kecamatan Sumbersuko, dan (4) inisial ‘B’ (48) asal Jl. Raya Klakah Rt.004 Rw.002, Desa Klakah, Kecamatan Klakah.

Selain meringkus terduga tersangkanya, polisi juga berhasil mengamankan barang bukti diantaranya: (1) dari terduga tersangka ‘JP’ Total jumlah barang bukti Shabu seberat 0,40 gram, (2) dari terduga tersangka ‘AM’ seperangkat alat hisab sabu yang terbuat dari botol kaca bening tutupnya terdapat dua lubang dan terangkai dengan sedotan warna bening, 1 (satu) buah plastik klip bekas tempat serbuk kristal warna putih di duga sabu, 2 (dua) pivet kaca, 3 (tiga) buah korek api jenis gas warna kuning, biru dan hijau, 1 (satu) buah sedotan plastik warna bening, (3) dari tersangka ‘DA’ total jumlah barang bukti Shabu seberat 0,34 gram, dan (4) dari tersangka ‘B’ total jumlah barang bukti Shabu seberat 0,43 gram.

Informasi yang berhasil dihimpun Radar bangsa.co.id dari polisi, penangkapan yang dilakukan tersebut berawal dari informasi masyarakat.

Kasat Narkoba Polres Lumajang, AKP Ernowo, S.H, dihubungi Radarbangsa.co.id melalui sambungan satelitnya, Minggu malam (17/7) membenarkan adanya penangkapan tersebut. “Ya benar, kami telah meringkus empat orang pria budak sabu. Dari keempat terduga tersangka, sekarang sedang dilakukan penahanan di Rutan Polres Lumajang untuk kepentingan penyidikan,” ungkap perwira polisi berpangkat tiga balok dipundaknya ini.

Lanjut Ernowo, Inisial ‘JP’ kita tangkap di simpang 4 Jarit depan warung Kecematan Candipuro, pada hari Kamis tanggal 14 Juli 2022, sekira pukul 00.15 WIB.

Dan inisial ‘AM’ kita tangkap didalam rumah saudara ‘AM’ di Dusun Krajan, Rt 27 Rw 04 Desa Jarit, Kecamatan Candipuro, pada hari Kamis tanggal 14 Juli 2022, sekira pukul 00.45 WIB.

Inisial ‘DA’, tambah Ernowo, kita tangkap di depan SMK Muhammadiyah Jl. Letkol Slamet Wardoyo, pada Hari Kamis tanggal 14 Juli 2022, sekira pukul 15.30 Wib.

Satu lagi, inisial ‘B’ kita tangkap di pinggir jalan, selatan SPBU Jl. Sukarno Hatta, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Lumajang, pada hari Kamis tanggal 14 Juli 2022, sekira pukul 19.00 WIB.

Kepada seluruh masyarakat khususnya di wilayah hukumnya, Ernowo menghimbau, agar menjauhi narkoba, dan diharapkan masyarakat tidak segan atau takut melapor jika di lingkungannya ada indikasi penyalahgunaan narkotika apapun bentuknya.

“Dalam kesempatan ini, saya juga menghimbau kepada masyarakat agar jauhi narkoba, tidak ada keuntungannya menyalahgunakan narkoba, jangan coba-coba! dan saya berharap agar masyarakat jangan segan atau takut melapor jika ada indikasi penyalahgunaan narkoba di sekitar lingkungannya, bahkan jika keluarganya sendiri yang menjadi korban penyalahgunaan narkoba, kami akan menanganinya dengan serius, dan jika hanya sebagai korban narkoba kami berupaya untuk merehabilitasinya,” imbau perwira polisi yang berperawakan tegap ini.

Kini keempat terduga tersangka, Kata Ernowo, harus berhadapan dengan penyidik Satresnarkoba Polres Lumajang, tentu saja dari keempatnya itu harus mempertanggungjawabkan perbuatannya, maka atas perbuatannya itu. “Keempat terduga tersangka terancam Pasal 114 ayat (1) sub 112 ayat (1) Jo 127 ayat (1) huruf a UURI No 35 tahun 2009, tentang Narkotika,” terang Kasat Narkoba Polres Lumajang, AKP Ernowo, S.H.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.