Dankodiklatal Secara Resmi Memimpin Pelantikan dan Penyumpahan siswa TNI AL Pendidikan Pembentukan Bintara

SIDOARJO, RadarBangsa.co.id – Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat secara resmi memimpin pelantikan dan penyumpahan siswa TNI AL Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) Angkatan LII TA 2021 dan Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) Angkatan XLI/1 TA 2021 yang dilaksanakan di lapangan Kawah Candradimuka Kesatrian Puslatdiksarmil Juanda Sidoarjo. Sabtu, (4/9/2021)

Pelantikan dan penyumpahan siswa Sekolah Bintara Puslatdiksarmil tersebut diikuti 1.593 siswa terdiri 846 siswa Diktukba Angkatan LII TA 2021 dan 747 siswa Dikmaba Angkatan XLI/1 TA 2021.

Bacaan Lainnya

Tampak hadir dalam acara tersebut para Pejabat Utama Kodiklatal diantaranya para Direktur Kodiklatal, Komandan Kodikopsla, para Komandan Kodik, para Komandan Puslat dan para Komandan Pusdik di jajaran Kodiklatal.

Adapun yang menjadi siswa terbaik untuk program Diktukba Angkatan LII ini adalah Serda Mar Haryanto sedangkan program Dikmaba Angkatan XLI/1 adalah Serda Lis Kelvin, kedua prajurit ini sekaligus menjadi perwakilan penyematan tanda pangkat Sersan Dua.

Dankodiklatal Laksamana Madya TNI Nurhidayat dalam sambutannya menyampaikan, atas nama pemimpin TNI AL dirinya mengucapkan selamat dan sukses atas keberhasilan para siswa Diktukba dan Dikmaba yang telah menyelesaikan pendidikan dengan baik, sehingga pada hari ini dapat mengikuti pelantikan menjadi bintara TNI AL dengan pangkat sersan dua.

Bagi siswa Dikmaba, pelantikan para siswa tadi diikuti dengan prosesi penyumpahan sesuai agama masing-masing yang harus ditaati dalam pelaksanaan tugas nanti.

Lebih lanjut disampaikan bahwa pendidikan di Puslatdiksarmil telah berhasil mengubah sikap para siswa menjadi bintara TNI AL yang bermoral, profesional dan berani serta siap dikembangkan dalam pendidikan tahap dasar golongan lanjutan di Pusdik-pusdik sesuai kejuruan masing-masing, selama 3 bulan untuk siswa diktukba, 5 bulan untuk siswa dikmaba non marinir dan 7 bulan untuk kejuruan marinir.

Disisi lain disampaikan bahwa perkembangan lingkungan strategis saat ini berkembang sangat cepat dan dinamis, sehingga pembangunan kekuatan serta pembinaan kemampuan dan kesiapan operasional TNI Angkatan Laut diarahkan untuk menghadapi perubahan bentuk-bentuk ancaman terhadap integritas kedaulatan NKRI.

Untuk itu, Kodiklatal sebagai lembaga pendidikan TNI AL yang bertugas mendidik, meningkatkan dan mewujudkan prajurit TNI AL yang profesional, modern dan tangguh sebagai pengawak organisasi dan alutsista TNI Angkatan Laut dengan tingkat kesiapan operasional yang tinggi.

Serta mampu mendukung pelaksanaan tugas-tugas TNI Angkatan Laut, harus mampu melahirkan hasil didik yang berkualitas, memiliki pola pikir, pola sikap dan pola tindak yang sesuai dengan postur seorang prajurit bintara TNI AL sehingga siap ditugaskan baik di KRI, satuan operasi maupun di staf.

(Ari)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *