Dankorbrimob, Irjen Pol Anang Revandoko : Penting Pendokumentasian Kesejarahan Bangsa

JAKARTA,RadarBangsa.co.id – “Media Gathering” Korps Brimob jelang Ramadhan 2022 agak beda. Komandan Korps Brimob, Irjen Pol Drs. Anang Revandoko, M.I.Kom mengiringi momen kali ini dengan pesan tentang pentingnya pendokumentasian kesejarahan Brimob untuk kebangsaan.

“Pendokumentasian itu penting dalam kesejarahan Brimob dan akan bermanfaat untuk semangat kebangsaan,” Irjen Anang mengingatkan ketika membuka pelatihan Jurnalisme Brimob, 24 – 26 Maret 2022, di Gedung Pratidina, Kesatrian “Amji Attak, Mako Brimob, Depok, Jabar.

Bacaan Lainnya

Kegiatan diikuti oleh 218 personel Brimob, terdiri atas:
1. Hadir langsung 58 personel PID Korp Brimob,
2. Secara “zoom meeting” sebanyak 160 personel dari 34 Satbrimob Polda di tanah air, dan satu personel dari Pusdik Brimob.

Selama pelatihan, jelas Kabagren Korp Brimob, Kombes Pol Drs. Rudy Harianto, M.Si selaku ketua panitia, peserta menerima materi ecara teori dan praktik meliputi “news foto”, “Jurnalisme Brimob” dan Menulis dengan Tertib Menulis Jurnalistik, dan Penyeleggaraan Podcast Brimob.

Para pemateri terdiri atas Bea Wiharta (fotografer senior yang pernah bekerja untuk Kantor Berita Reuter), Suryadi (Ketua Dewan Pembina Pusat Studi Komunikai Kepolisian/ PUSKOMPOL), dan Hery Hidayat (praktisi vidoeo jurnalis).

Sepanjang acara dua hari tersebut, di setiap sesi mendapat respons dari para peserta, baik yang langsung hadir secara fisik maupun zooming dari daerah-daerah. Ini tercermin dari antusiasme pertanyaan-pertanyaan para peserta kepada pemateri.

Acara ditutup oleh Ketua Panitia, Kombes Pol Rudy ditandai oleh pengumuman dimulainya lomba video karya para peserta.

Staf Humas Korps Brimob, Aipda Ani Kusumawardani mengatakan, objek video yang dilombakan adalah karya asli para peserta yang dibuat mulai Sabtu (26/3/22).

Objek video antara lain puncak pelatihan Pasukan Respons Cepat (PRC) di Mako Brimob. Selain itu juga yang berlangsung di Resimen, dan Satuan-satuan Brimob Polda se-Indonesia.

Keberadaan PRC telah diresmikan oleh Kapolri, Jenderal Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si sesaat sebelum membuka Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Brimob di Satuan Latihan Korp Brimob, Cikeas, Bogor, 10 Maret 2022.

Lomba video akan dinilai oleh para pemateri latihan dan Komandan Korps Brimob, kata Rudy.

Pengumuman pemenang akan dilaksanakan dalam waktu dekat. “Tentang hadiah sudah tersedia. Tetapi yang terpenting adalah nilai sejarah (dari karya mereka) seperti telah disampaikan Dankor,” kata Aipda Ani Kusumawardani

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *