Desa Pendem Bersih Narkoba, Jadi Program Pelatihan Kepemipinan Nasional BNN Pusat

KOTA BATU, RadarBangsa.co.id – Dalam situasi Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat secara Nasional, yang bertujuan untuk menekan resiko penularan Covid-19. Ketika peraturan itu dilanggar akan bisa berujung sanksi atau teguran keras,bahkan bisa ditindak pidana ringan (Tipiring). Merujuk dengan kondisi saat ini, Badan Narkotik Nasional (BNN) pusat melaksanakan program pelaksanaan Advance Visitas Kepemimpinan Nasional untuk pelatihan kepemimpinan Nasional di Tingkat II pada awal tanggal 25 Juni 2021 yang lalu.

“Karena sesuai peraturan Badan Narkotika Nasional (BNN) nomor 5 tahun 2019 berbunyi tentang organisasi dan tata kerja BNN Badan Narkotik Nasional, maka sesuai keputusan Kepala Lembaga Administrasi Negara nomor 311/K.1/PDP.07/2019 pedoman penyelenggaraan pelatihan kepemimpinan Nasional tingkat II, dan dalam pelatihan kepemipinan nasional tersebut yang diikuti 60 peserta dari berbagai unsur kedinasan dan lembaga.

Bacaan Lainnya

Pelaksanaan pelatihan kepemimpinan nasional yang digelar oleh BNN pusat, hanya dua wilayah yang jadi materi pelatihan yang ada di Jawa Timur, pertama Desa Pendem Kecamatan Junrejo Kota Batu dan Desa Wonosari Kabupaten Kediri. Dari dua wilayah ini yang menjadi rujukan Desa Bersinar (Desa Bersih Narkoba) karena kedua wilayah desa tersebut waktu itu banyak masyarakatnya yang terlibat penyalahgunaan Narkoba,”kata Ketua BNK kota Batu Dr.Agus Surya Dewi,M.Pd dan didampingi Rose Iptriwulandhani,SPsi,MM sebagai konselor adiksi ahli muda, program ini dilakukan secara virtual di kantor desa Pendem, juga diikuti Kepala Desa Pendem Tri Wahyuwono Efendi, dan Seketaris desa Suli Wahyudi, Rabu (14/7).

Lebih lanjut, dari terbentuknya desa Pendem menjadi Desa Tangguh dan meningkat jadi Desa Bersinar (Desa Bersih Narkoba) yang sudah menjadi surat keputusan Walikota Batu Nomor 188.45/194/Kep/422.012/2021,Memutuskan Desa Pendem Kecamatan Junrejo Kota Batu sebagai Desa Bersih Narkoba. Dan hal itu dikuatkan surat dari Gubernur Jatim tanggal 16 September 2020 nomor 300/8434/209.5/2020. tentang penyelenggaraan pemberdayaan alternatif masyarakat pada kawasan rawan narkoba, perlu menetapkan keputusan Walikota Batu,tentang penetapan Desa Pendem sebagai desa bersih narkoba, terang Kades Tri Wahyuwono Efendi,pada Media Radar Bangsa.

“Karena awalnya desa Pendem menjadi Desa (Bersinar)bersih narkoba, sudah melakukan lebih dahulu melakukan kesepakatan antara Kepala desa, Puskemas, Bhabinsa terkait persiapan desa Pendem bersih dari narkoba. Sejalan dengan hal ini, Pemerintah desa Pendem mengalokasikan anggaran sekira Rp. 34 juta rupiah bersumber dari APBDes. Karena sebagai wujud kepedulian pada masyarakat untuk membentengi dan mempersiapkan perangkat desa yang peduli terhadap perang melawan narkoba dan selalu aktif mensosialisasikan P4GN.

Ditambahkan oleh Kades Tri W.Efendi, perku diketahui sesuai geografi luas wilayah desa Pendem mencapai 363 Ha, di ketinggian 700 meter di atas permukaan laut serta terbagi ada 4 dusun meliputi dusun Pendem, Mojorejo,Caru dan dusun Sekarputih ada sejumlah 50 RT serta 12 RW. Sesuai demografi data jumlah penduduk mencapai 13.000 ribu jiwa. Posisi desa Pendem yang berbatasan utara desa Tawang argo, timur desa Girimoyo,Tegal Gondo, Ampeldento masuk Kabupaten Malang, selatan desa Dadaprejo, desa Mojorejo,barat desa Torongrejo masuk Kota Batu.

“Maka desa Pendem bisa terwujud dan diputuskan menjadi Desa Bersinar yang bersih narkoba yang rencananya akan di Laounching pada bulan September 2021 mendatang. Putusan dari BNN pusat desa Pendem menjadi salah satu desa yang dibuat untuk program visitasi kepemimpinan nasional (VKN)PKN tingkat II angkatan I tahun 2021. Dengan tujuan untuk membangun sinergisitas kepemimpinan membangun calon pemimpin Indonesia bersih dari narkoba,”pungkas Kades Pendem.

Dikesempatan yang sama secara virtual, Walikota Batu Dra. Dewanti Rumpoko, MSi menambahkan, sesuai surat keputusan walikota dan dikuatkan surat keputusan Gubernur Jatim, maka kami selaku kepala daerah kota Batu, mendukung dan mengapresiasi desa Pendem menjadi Desa Bersinar bekolaborasi dengan pihak BNK kota Batu.

“Apa yang sudah menjadi progres BNK Batu dalam mewujudkan Desa Pendem menjadi Desa Bersinar, yang bersih dari narkoba, demi masa depan generasi penerus Bangsa, karena dampak dari penyalahgunaan Narkoba sangat fatal pada belakang harinya nanti. Dan akhirnya BNN pusat melakukan diklat kepemimpinan nasional VKN PKN tingkat II angkatan pertama mengambil tema Desa Bersinar yang berada di Desa Pendem Kota Batu. Semoga masyarakat di wilayah kota Batu secara umum akan dijauhkan dari iseng-iseng atau coba-coba untuk mencicipi narkoba lebih-lebih mengkonsumsi,pengguna, pemakai bahkan sebagai pengedar maupun bandar, harus jauh dan jauhi narkoba,”singkat Dewanti Rumpoko ketika di cuplik media dari acara virtual langsung.

(Wan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *