Dibangun dari Dana APBDes, Balai Desa ini 6 Tahun Mangkrak

SUMENEP, RadarBangsa.co.id – Balai Desa Karamian Kecamatan Masalembu Kabupaten Sumenep, yang dibangun dari dana APBDes, sejak 6 tahun silam hingga saat ini tidak pernah ditempati oleh pejabat Desa setempat (dibiarkan mangkrak). Kamis (28/11/2019).

Abd Hamid, penanggung jawab sementara Kepala Desa (PJS Kades) Karamian, saat dikonfirmasi media ini menyampaikan bahwa, berdasarkan informasi dari Kepala Desa terdahulu, memang benar Balai Desa tersebut tidak pernah ditempati sebagaimana seharusnya.

Bacaan Lainnya

“Balai Desa ini dibangun pada masanya Kades Sugiri, menurutnya Balai Desa ini dibangun diatas tanah milik Desa, dan merupakan aset Desa”, ungkapnya.

Abd Hamid, selaku pejabat Desa pengganti sementara (Delegasi Kecamatan) berharap Balai Desa ini segera ditempati sesuai fungsinya, agar bisa terawat dan perangkat Desa dapat menjalankan tugasnya di Desa lebih nyaman.

“Akan saya sampaikan pada calon Kades yang sudah terpilih, setelah dilantik agar menempati Balai Desa ini”.

Mubarok, selaku warga Desa Keramaian, kepada media ini mengatakan bahwa dirinya sangat menyangkan jika Balai Desa ini tidak ditempati sesuai peruntukannya.

“Sebagai warga Desa, kami mempersoalkan keberadaan Balai Desa Keramian yang tidak dipakai selama sekian tahun ini”, ucapnya setengah kesal.

Kata Mubarok, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Sumenep harus bertanggung jawab terhadap keberadaan Balai Desa Keramian. Karena Kantor Desa yang dibangun 6 tahun yang lalu sampai sekarang tidak dipakai, padagal Dana yang digunakan bersumber dari dan keuangan Desa atau APBDes. Sejak dibangun oleh Kades Sugiri sekira tahun 2013 yang lalu, masih menempati Kantor Desa yang lama, padahal status tanahnya tidak jelas hak kepemilikannya, dan kondisi bangunannya sudah terpuruk atau rusak.

“Saya nilai, fungsi pengawasan dan pembinaan Camat dan Kapala DPMD Kabupaten terhadap Pemerintahan Desa Keramian ini..,gagal total”,

Dalam pernyataannya, Mubarok beranggapan bahwa Kepala Desa yang sudah terpilih, selesainya dilantik tidak akan menempati Kantor Desa baru tersebut. Sekarang Desa Keramian dipimpin Pjs Kades Abd Hamid, delegasi dari Kecamatan Masalembu.

“Beliau, Bpk. Hamid juga tidak menempati Kantor Desa baru itu. Seharusnya beliau yang memulai”, pungkasnya.

Heru Cahyono, Camat Masalembu saat dikonfirmasi media ini melalui telephon selulairnya, tidak memberikan respon. Kamis 28/11/2019. (Ong).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.