Diduga ODGJ Menjadi Penyebab Kebakaran Hutan di Lumajang

Saat Petugas mencegah agar api tidak menyeberang ke pemukiman masyarakat

LUMAJANG, RadarBangsa.co.id – Terjadi kebakaran hutan di Desa Argosari Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang, tepatnya di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Agar api tidak menyeberang ke pemukiman, berbagai macam cara dilakukan oleh para petugas.

Kapolres Lumajang AKBP Dewa Putu Eka D, S.I.K M.H, mengatakan, di desa argosari sempat terdeteksi adanya titik api, tepatnya pada  kemarin pada hari Minggu (18/9/2022) pukul 17.00 WIB, setelah ditelusuri oleh masyarakat dan petugas TNBTS, Polsek dan Koramil, ternyata diketemukan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang diduga menjadi salah satu penyebab terjadinya kebakaran hutan. ODGJ tersebut saat ini berada di Polsek Senduro Lumajang setelah diketemukan oleh para petugas untuk dipastikan yang bersangkutan benar-benar gila ataukah tidak.

Bacaan Lainnya

“Mungkin karena kedinginan yang bersangkutan membuat perapian, dan tidak tahu daerah sini kering serta berangin kemudian api membesar, sehingga terjadi kebakaran seperti ini, beruntung sementara tidak ada korban jiwa,”Jelasnya Selasa (20/09/2022)

Saat ini petugas TNBTS, Polsek, Koramil dan dibantu masyarakat mencegah agar api tidak menyeberang ke pemukiman masyarakat yang berada Desa Argosari.

Sementara itu kepala seksi 4 sekaligus kepala bidang wilayah 2 TNBTS Wisnu, mengatakan kebakaran hutan wilayah TNBTS di blok Ledok Bedor titik -7.977096  112.986858 Dusun Gedok Desa Argosari Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang. Sebagai tindak lanjut petugas TNBTS saat ini melokalisir api agar tidak sampai ke masyarakat dan ke daerah Bromo maupun ke daerah lain

Petugas terus monitoring meski medan sangat terjal dan berat yakni lereng gunung, jika api terus berpotensi membakar kawasan B29 maka akan dibuatkan skat berikutnya guna mencegah kebakaran semakin meluas.

“Akan kami buatkan skat lagi jika memungkinkan masuk ke kawasan B29,”Katanya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.