Dinas Perikanan Kabupaten Tulungagung Gelar Lomba Memasak Tingkat Pelajar SMA/SMK

  • Whatsapp
Peraih Juara 1, MAN 2 Tulungagung dengan nilai 265 [DOK Foto Istiemewah WN]

TULUNGAGUNG, RadarBangsa.co.id – Dinas Perikanan Kabupaten Tulungagung bersama tim anggota PKK Kabupaten Tulungagung gelar kegiatan lomba cipta menu berbasis ikan tingkat pelajar SMA/SMK Se-Kabupaten Tulungagung, Rabu (24/11/2021).

Acara ini di adakan dalam rangka mendukung gerakan ekonomi masyarakat kreatif berbasis produk perikanan dan peringatan hari jadi Kabupaten Tulungagung ke 816.

Bacaan Lainnya

Penyelenggaraan lomba masak tersebut merupakan wujud program GEMARIKAN (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) yang bertujuan untuk mendorong peningkatan konsumsi ikan di masyarakat Tulungagun, adapun tingkat konsumsi ikan di masyarakat masih rendah, yaitu 32,38 per kapita atau tahun dibanding dengan provinsi sebesar 38,8 kilogram per kapita, sehingga perluasan informasi terkait pentingnya makan ikan akan terus dilaksanakan.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tulungagung, Lugu Tri Handoko menerangkan, untuk menarik minat para pelajar SMA/SMK ini, bagi pemenang lomba tersebut akan diberikan hadiah berupa tropi dan uang pembinaan. Sedangkan kegiatan lomba cipta menu rencana akan diadakan setiap tahun agar supaya terus menumbuhkan bakat serta kreatifitas pelajar dalam mengolah ikan.

“Lomba cipta menu untuk SMA/SMK ini, kami mengikuti program dari provinsi. Kami setiap tahun juga mengadakan lomba cipta menu ikan untuk pelajar. Kalau dari Kabupaten atau Kotamadya yang mengadakan nanti dapat diikutsertakan mengikuti lomba tingkat Propinsi. Kami memilih para pelajar karena mereka punya kreatifitas tinggi,” ucapnya.

“Dengan adanya kegiatan seperti ini, peserta bisa berkreasi dan menumbuhkan inovasi-inovasi tentang olahan ikan, karena Ikan bisa diolah dengan berbagai macam jenis makanan sehingga bisa diterima masyarakat. Produk ikan punya daya tarik, salah satunya model olahan ikan, tidak cuma ikan yang dibakar, digoreng dan sebagainya, namun harus bisa menciptakan yang dulunya tidak ada sekarang menjadi ada” ,lanjutnya.

“Saya harapkan masyarakat sehari-harinya bisa makan ikan karena di dalam kandungan ikan banyak mengandung protein tinggi, Omega 3, mencegah gangguan jantung dan masih banyak manfaat ikan bagi kesehatan,” pungkasnya.

Berdasarkan penilaian dewan juri, ditetapkan pemenang Lomba Cipta Menu Ikan Tingkat Pelajar SMA/SMK se-Kabupaten Tulungagung sebagai berikut: Juara 1, MAN 2 Tulungagung dengan nilai 265 Juara 2, SMKN2 Boyolangu dengan Nilai 245 Juara 3, SMK 2 Boyolangu dengan Nilai 220 Harapan 1, SMKN 3 Boyolangu dengan nilai 215; dan Harapan 2, SMAN 1 Rejotangan dengan nilai 205.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *