Dinas PUPR Batu, Secepatnya Akan Bangun Jalur Penyelamat “BJP”

Jalan Rajekwesi Akan Segera Dibangun Jalur Penyelamat Kendaraan

BATU, RadarBangsa.co.id – Untuk mengurangi terjadinya kecelakaan terus menerus, Pemerintah Kota Batu melalui Dinas PUPR Binamarga bidang jalan dan jembatan. Dalam waktu secepat ini, dinas PUPR Batu akan melakukan penataan tebing jalan yang akan direkayasa menjadi bangunan jalur penyelamat ( BJP) ketika kendaraan mengalami kerusakan atau rem blong yang berada di Jl.Rajekwesi wilayah Kelurahan Songgokerto Kecamatan Batu.

Dengan kondisi jalan yang menanjak, serta sering terjadi kecelakaan pada kendaraan roda empat maupun lebih. Maka Pemkot Batu melalui Dinas PUPR bidang jalan, saat ini sudah memasang Portal selebar 4 meter dan ketinggian max 2 meter dari atas jalan. Sedangkan pada pertengahan 2019 dinas PUPR sudah mengajukan pembagunan jalur penyelamat dengan besar anggaran Rp. 200 juta bersumber dari APBD 2019, hingga saat ini masih menunggu perubahan anggaran keuangan ( PAK) 2019 tidak lama lagi akan terealisasi” jelas Kasi peliharaan jalan dan jembatan Munsif Fanani, Selasa ( 5/11/2019) siang.

Bacaan Lainnya

Adapun rencana pembangunan jalur penyelamat itu, ucap,”Munsif, akan dibangun pada sisi arah kiri jalan dari arah jalur Pujon, tepatnya pada Jl. Rajekwesi, yang direncanakan pembangunan fisiknya, sepanjang 50 meter, dan lebar jalur penyelamat 5 meter, begitu pula dasar jalur itu berisikan pasir dengan ketebalan sekira 30-50 cm, berguna untuk menghambat laju kendaraan yang mengalami rem blong, agar tidak terjadi kecelakaan yang lebih fatal,”jelas Munsif.

Ditambahkan lagi oleh Munsif, untuk kelengkapan jalur penyelamat itu, tetap dibangun tembok dan pondasinya bermaterial dari batu kali setinggi 3-4 meter, dan depan tembok dilengkapi pula dengan Ban, maupun skampal untuk berfungsi pengarah jalur penyelamat bagi kendaraan yang akan masuk di jalur tersebut,”ujar Munsif, ketika dikonfirmasi Radar Bangsa..

Ditambahkan oleh Munsif, target sementara dalam waktu dekat, untuk perencanaanya sudah selesai, sedangkan jalur penyelamat itu akan dibangun dua titik yang mana pada ruas jalan yang sering terjadi kecelakaan atau kendaraan mengalami rem blong, pada jalur mulai dari arah Pujon masuk jalur Klemuk juga akan dilengkapi Guardrail atau besi pembatas pada sisi sebelah kanan yang bercurah pada sepanjang jln.Rajekwesi dengan panjang kurang lebih 1.750 meter, berfungsi sebagai pengaman agar kendaraan tidak mudah terperosok,”pungkasnya.(hr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *