Disdukcapil Pacitan Lakukan Rekaman Langsung Akte Kelahiran dan Kematian di Desa Kasihan

  • Whatsapp

PACITAN,RadarBangsa.co.id – Untuk mempermudah pelayanan ke masyarakat agar mendapatkan Akte kelahiran dan akte kematian Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pacitan datang langsung ke Desa Kasihan.

Saat ini warga tidak lagi harus datang jauh-jauh ke kantor Disdukcapil Kabupaten Pacitan. Mereka hanya cukup datang ke kantor desa Kasihan.

Read More

Sementara itu,Kepala Desa Kasihan Masduki mengatakan ke Radar bangsa.co.id,Terkait pelayanan silades di kantor Desa Kasihan,Kecamatan Tegalombo kabupaten,Pacitan pihak Desa sangat mengapresiasi langkah-langkah Disdukcapil kabupaten Pacitan.

“Kami mengucapkan terimakasih berkat program ini warga kami tidak perlu jauh-jauh ke Disdukcapil yang ada di Pacitan Kota,”kami berharap ada perekaman e-ktp kembali di desa kasihan karena masih banyak warga masyarakat yang belum memiliki e-ktp,tuturnya Selasa, (14/1/2020).

Lebih lanjut Masduki mengatakan, kalau kegiatan Disdukcapil yang bekerjasama dengan Kecamatan Tegalombo serta aparatur desa setempat.

Sebagai informasi, Disdukcapil Pacitan membuka layanan Silades untuk warga Desa Kasihan mulai hari ini,Adapun kegiatan itu dimulai dari,kelengkapan data,pemohon untuk pengajuan akte kelahiran,kematian,serta pembaharuan KK.

“Diawali dengan pendataan warga yang belum memiliki maupun pengajukan akte kelahiran dan kematian,kemudian persiapan dokumen oleh perangkat desa,”jelasnya.

Pantauan dilokasi,pelayanan pembuatan akte tersebut,puluhan warga mendatangi kantor Desa setempat.

Untuk memanfaatkan pelayanan Disdukcapil guna mendapatkan akte atau memperbarui KK mereka, walaupun warga kurang antusias terkait pembuatan akte kematian disebabkan kurang faham nya masyarakat untuk kegunaan akte kematian.

Jarti (42) salah seorang warga Dusun Salam, Desa Kasihan yang sedang mengurus akte merasa terbantu dengan kedatangan petugas Disdukcapil ke desa, karena tak harus datang langsung ke Pacitan Kota yang lokasinya jauh dari rumah.

“Makanya begitu mendengar informasi akan ada disdukcapil dengan program Silades di desa,saya langsung berminat, dan membuatkan akte kelahiran anak saya,” ucapnya.

Masyarakat sangat antusias menyambut baik program tersebut. Mereka ada yang baru membuatkan akte kelahiran untuk anak nya dan juga membuatkan akte kematian untuk orang tua nya. (Yuan)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *