Home / BERITA HARI INI / Dishub Kota Batu Siapkan Mobil Derek Baru
Ket Foto : Kadishub Kota Batu Susetya Herawan

Dishub Kota Batu Siapkan Mobil Derek Baru

BATU , Radarbangsa.co.id  – Untuk mengurai terjadinya kemacetan dan mematau arus Lalulintas di kota Batu,serta memberikan pelayan dan kenyamanan bagi wisatawan dan warga Kota Batu,dalam hal ini Dinas Perhubungan (Dishub) Pemkot Batu berencana membuat terobosan baru menyediakan mobil derek yang mekanisme teknisnya masih akan di proses terlebih dahulu.
Penyediaan layanan mobil derek gratis atau tidak tergantung di lihat dari keperluanya dahulu, apakah hanya untuk mengamankan di tengah jalan atau mobil yang di derek tersebut di bawah ke tempat bengkel,”Jelas Susetya Herawan Kamis, 6/12/2018 . Menurutnya, hal semacam pelayanan pada pablik itu ada aturan yang jelas dan transparan pada masyarakat pengguna jalan di kota Batu jika ada terjadi hingga sampai mobil mogok butuh bantuan Dishub.

Kepala Dishub Kota Batu, Susetya Herawan,  menuturkan layanan gratis itu untuk membantu warga atau wisatawan yang berkunjung ke Kota Batu. Bila terjadi mogok mobil atau hal yang lainya Dishub Kota Batu siap melayani secara cepat dan tepat.

Jika para tamu yang berwisata ke kota Batu,dan mengalami kendaraan yang mogok di tengah jalan atau kecelakaan, silahlkan menghubungi Dishub. Kami siap beri layanan mobil derek gratis jika itu mengganggu arus lalu lintas,” ucap mantan Kepala Dinas Cipta Karya Dan Tata Ruang Kota Batu waktu itu.
Ditambahkan” Herawan,untuk itu tak hanya menyiapkan layanan mobil derek gratis. namun, juga membenahi sarana dan prasarana yang baik untuk berlalu lintas.
Seperti halnya pembenahanan rambu-rambu lalu lintas, termasuk lampu-lampu traffic light di perempatan atau pertigaan jalan.

Dishub Batu juga sudah persiapan dan melakukan pemeliharaan dan pembenahan lampu-lampu traffic light itu,”cerca Susetya, juga mengaku menyiapkan mobil tangga hidrolis.
Mobil tangga hidrolik itu bisa menjangkau ketinggian sekitar 10 meter. Semua itu, tegas dia, insyaallah sudah bisa dioperasikan mulai pertengahan Desember 2018 ini.

“Karena itu, kami akan terus melakukan pembenahan demi kelancaran arus lalu lintas di Kota Batu. Sehingga kelancaran arus lalu lintas itu sesuai dengan yang diharapkan masyarakat seluruh pengguna jalan di kota Batu.

Selain itu, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batu juga membuat terobosan memberikan layanan pantauan lalu lintas melalui CCTV kepada pendatang di kota wisata ini.

Ada 12 titik wilayah dipasang di kamera pemantau. Tujuannya untuk memberi informasi ikhwal memacetan, kecelakaan, bahkan bisa tidak kriminal.

Lebih dari itu, masyarakat juga diberi akses, bagi mereka yang ingin mengetahui kondisi lalu lintas terkini. Caranya cukup download aplikasi Aver Viewer milik Dishub Kota Batu dari Google Play Store.

Dengan aplikasi itu, pengguna bisa melihat kondisi lalu lintas di seluruh jalan raya Kota Batu. Itu karena aplikasi ini terhubung dengan 20 CCTV tersebar di 12 titik.

Hermawan mengklaim aplikasi ini bisa dimanfaatkan oleh pemudik maupun wisatawan untuk menghindari kemacetan. Di mana pengguna bisa memantau titik macet melalui smart phone dan bsia mencari solusinya.Menurutnya, cara mengoperasikan aplikasi ini sangat mudah. Di mana wisatawan dan pemudik hanya perlu registrasi dan mengikuti petunjuknya saja.

Setelah aktif, akan ada angka yang menunjukkan CCTV tiap titiknya. Pantauan itupun berlangsung secara real time selama 24 jam.Titik pemasangan CCTV itu di antaranya di jalan protokol Kota Batu, simpang tiga Jalan Dewi Sartika dan Imam Bonjol dan sejumlah jalan yang sering menjadi titik kemacetan.

“Kami rasa dengan CCTV ini nanti juga bisa membantu untuk mengantisipasi jika ada kecelakaan, tindak kriminal serta mengungkap peristiwa kejahatan yang sewaktu-waktu terjadi di seputaran kota Batu.”serganya.(hr)

Check Also

Kembali Terjadi Tanah Longsor Di Wilayah Kabupaten Pacitan

Pacitan, Radarbangsa.co.id –Hujan dengan intensitas tinggi menguyur beberapa wilayah di Kabupaten Pacitan mulai sore hari, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *