Distana Desa Ngantru, Sumbang Bencana Masyarakat Kecamatan Bumiaji Kota Batu

by -
Foto:Sekdes Desa Ngantru Rahma Novia Rini dan Petugas Distana dan BPBD Kec Ngantang. (21/10/2019) (Dok Her)

KOTA BATU, RadarBangsa.co.id – Forum Destana desa Ngantru ,Kecamatan Ngantang,Kabupaten Malang Jatim, organisasi Desa Tangguh Bencana ( DISTANA ) yang dibentuk oleh BPBD Kab.Malang yang mana memang di desa Ngantru itu masuk zona rawan bencana. Karena pada peristiwa Gunung Kelud meletus, inisiatif dari pihak BPBD membentuk fokus desa tangguh bencana, yang selalu siap siaga, untuk menghadapai bencana.

Disisi lain, misinya ketika terjadi bencana di wilayah manapun, kita juga siap membantu menggalang pendananan sesama sodara-sodara kita yg tertimpa bencana. Terkait pendanaan dan bantuan material, yang kita distribusikan pada wilayah kecamatan Bumiaji kota Batu,” ucap Heri Senin,( 21/10/2019, ini murni dari solridaritas anggota Distana dari hasil galangan masyarakat yang peduli bencana. Distana yang beranggotakan 25 orang dari desa Ngantru Kecamatan Ngantang Kab.Malang. Hasil galangan dana maupun material yang dibutuhkan, berasal dari kepedulian masyarakat melalui RT, RW desa Ngantru”beber Heri Antoni penasehat Distana Desa Ngantru pada Radar Bangsa.

Dikatakan oleh Hery, Organisasi Distana ini, waktu terjadi letusan Gunung Kelud waktu itu, melakukan tugas sosialnya sangat tinggi karena wilayahnya Distana pas pada posisi yang paling berdampak parah sewaktu Gunung kelud meletus,”paparnya. Dan pada saat ini Distana desa Ngantru, melakukan tugas mulia kembali pada masyarakat wilayah Kecamatan Batu, yang tertimpa angin besar yang memporak porandakan desa Sumberbrantas Kecamatan Bumiaji Kota Batu pada Minggu ( 20/10/2019) pada siang hari.

Hal ini dilakukan, agar bisa meringankan beban sodara-sodara kita semua dan untuk balas budi, bantuan dari pihak kami sudah distribusikan dan sudah diterima oleh pihak Kecamatan Bumiaji, seperti bantuan dominan, merata ,ada obat obatan tissu sembakau ,dan sebagainya. Hal ini kita lakukan atas dasar kordinasi dengan posko BPBD kota Batu.

Bentuk bantuan tersebut, tambah Heri, dilakukan secara mendadak dilakukan seketika bergerak pada malam hari ketika Distana mendapatkan informasi terjadinya bencana di kota Batu. Dan malam itu juga anggota Distana bisa menggalang dana hingga mencapai 12 juta rupiah,” singkat Heri.

Harapanya, bentuk kepedulian bantuan itu, tidak berhenti sampai disini saja, dan inshaalllah akan terus berjalan sesuai kebutuhan dilapangannya. Juga Distana bukan melihat dari segi bantuan materi saja, tetapi, tenagapun kita selalu siap, dibawah binaan kantor BPBD Kabupaten Malang, yang dikordinir oleh Sekdes Desa Ngantru Rahma Novia Rini Kecamatan Ngantang,”pungkasnya.(HR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *