Diunduh 13,2 Juta Pengguna, PLN Mobile Berikan Kemudahan Dalam Satu Genggaman

JAKARTA, RadarBangsa.co.id – Diluncurkan sejak 18 Desember 2020, kehadiran aplikasi New PLN Mobile milik PT PLN (Persero) disambut antusiasme yang tinggi oleh pelanggan. Tercatat hingga kini, aplikasi ini telah diunduh 13,2 juta pengunduh dengan tingkat kepuasan 4,58 dari skala 5.

“Pencapaian ini menjadi bukti bahwa kehadiran PLN Mobile sebagai platform digital unggulan telah berhasil memenuhi semua kebutuhan pelanggan, memberikan kemudahan serta pengalaman layanan listrik yang prima kepada pelanggan,” terang Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini.

Bacaan Lainnya

Dia mengatakan, PLN Mobile merupakan salah satu terobosan penting dalam bisnis model PLN saat ini. PLN Mobile menjawab tantangan zaman yang menuntut kecepatan, kemudahan dan efisien, serta mengiringi pertumbuhan pelanggan yang saat ini mayoritas adalah kelompok milenial yang melek teknologi dengan menghadirkan beragam fitur layanan.

“Apalagi saat pandemi melanda, aktivitas masyarakat menjadi terbatas maka pilihannya saat ini adalah keandalan teknologi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. PLN secara cepat menjawab kebutuhan masyarakat dalam mengakses kebutuhan listriknya dengan lebih mudah dan cepat,” kata Zulkifli.

Aplikasi PLN Mobile merupakan bagian dari transformasi yang PLN lakukan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Adapun fitur-fitur utama yang sudah ada di PLN Mobile yaitu: pembelian token, pembayaran tagihan listrik, layanan listrik (pasang baru, ubah daya, dan simulasi biaya permohonan), catat meter mandiri melalui swacam, hingga layanan pengaduan.

Lewat PLN Mobile, lanjut Zulkifli, pelanggan juga bisa mendapatkan pemberitahuan apabila akan diadakan pemadaman terencana, seperti proses pemeliharaan.

PLN Mobile juga menyediakan fitur Info Stimulus Listrik. Lewat fasilitas ini pelanggan dapat mengecek apakah dia termasuk penerima stimulus atau tidak dengan cara pilih menu Info Stimulus.

“PLN Mobile terus kami kembangkan demi meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Kami ingin semua kebutuhan pelanggan terkait kelistrikan bisa diakses lewat PLN Mobile,” ujar Zulkifli.

Dukung Ekosistem Mobil Listrik hingga Akses Internet

Direktur Niaga dan Manajemen Bisnis PLN, Bob Saril menjelaskan, saat ini PLN Mobile tidak hanya melayani kebutuhan listrik harian masyarakat. Dalam mendukung percepatan ekosistem kendaraan listrik, PLN juga menyediakan fitur Charge.IN dalam PLN Mobile. Fasilitas ini memberikan kemudahan bagi pemilik Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).

Melalui fitur ini pelanggan PLN dapat mengetahui lokasi stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) terdekat. Selain itu, Charge.IN bisa mengontrol dan memonitor proses pengisian baterai mobil atau motor listrik di SPKLU.

“Kami sudah menyiapkan infrastruktur SPKLU untuk di manfaatkan pelanggan, tetapi kami juga mengembangkan layanan home charging karena 80 persen pemilik kendaraan listrik mengisi dayanya di rumah, kami memberikan diskon tarif khusus jika pelanggan mengisi kendaraannya pada jam 10 malam hingga 5 pagi” ucap Bob Saril.

Selain integrasi Charge.IN, fitur PLN Mobile juga sudah diperkuat dengan fitur ListriQu. Pada fitur ListriQu, PLN memberikan layanan bagi pelanggan jika terjadi keluhan pada instalasi listrik milik pelanggan. Pelanggan dengan mudah dan cepat dapat meminta bantuan petugas PLN untuk memperbaiki instalasi listrik dalam rumah. Fitur ini juga menjadi salah satu terobosan PLN untuk meningkatkan customer experience.

“Permasalahan jadi lebih cepat selesai dalam satu genggaman. Memakai sistem GPS yang akurat membuat PLN bisa langsung mengetahui lokasi pelanggan dan menerjunkan petugas yang paling dekat dengan pelanggan,” lanjut Bob.

Tak hanya layanan kelistrikan, PLN Mobile juga menyediakan fitur Iconnet yang menyediakan layanan internet boardband, dengan memanfaatkan jaringan transmisi yang sudah tersebar luas PLN memastikan layanan internet yang reliable, affordable and unlimited.

PLN juga terus melakukan peningkatan layanan melalui PLN Mobile dengan menghadirkan fitur baru, yaitu pembelian token sebesar Rp 5.000 yang hanya bisa dilakukan lewat PLN Mobile, layanan ini untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang kemampuan membeli tokennya terbatas.

Aplikasi tersebut juga menyediakan fasilitas Gelegar Cuan PLN Mobile, fasilitas ini memberikan berbagai macam hadiah undian seperti mobil listrik, sepeda listrik, tv, ac, kompor listrik, dan token listrik. Untuk mengikuti undian, pengguna PLN Mobile yang aktif cukup mengajak keluarga, saudara, tetangga, dan teman-temannya mengunduh PLN Mobile menggunakan kode referral-nya.

“Dengan beragam fitur tersebut, kami yakin pengguna aplikasi PLN Mobile akan terus bertambah. Ditargetkan akhir tahun ini akan mencapai 15 juta pengguna,” ungkap Bob.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *