DPMPTSP Pasaman Berikan Pelayanan Gratis Bagi Masyarat Yang Membutuhkan KLIPP dan DEBAT

0
54

Lubuk Sikaping, radarbangsa.co.id — Dalam rangka mewujudkan Pasaman Sejahtera pada wadah pembangunan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Pasaman di bawah Pimpinan Dra. Hj. YUSNIMAR. APt lakukan inovasi pelayanan dengan mendekatkan jangkauan pelayanan publik yang sebelumnya telah digagas oleh Kepala DPMPTSP Drs. Hasiolan Hutagalung semasa menjabat sebagai kepala dinas pada instansi itu, merupakan sistem pelayanan cepat, tepat, dan akurat.

Kepala DPMPTSP Kabupaten Pasaman Dra. Hj. YUSNIMAR. APt memaparkan dalam sambutannya pada hari lounching 2 (dua) Inovasi yang digagas oleh Kadis DPMPTSP ini dinamakan dengan:
Pertama; KLIPP (Klinik Layanan Informasi Pembimbingan dan Perbantuan) jadi DPMPTSP Pasaman membuka klinik di dinas ini, dimana masyarakat yang butuh pelayanan, butuh bantuan, dan butuh informasi, Inshaa Allah ia akan mendapatkan apa yang ia butuhkan, papar Yusnimar sambil tersenyum manis yang disertai suasana hujan gerimis pada saat menjelang lounching inovasi itu.

Tampak hadir dalam kegiatan itu, Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis. SH. M.Si, Kepala-kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat se-Pasaman, para wartawan, serta sejumlah undangan lainnya di Pelataran Kantor DPMPTSP Pasaman, Selasa (11/06/2019).

Selanjutnya Hj. Yusnimar mengatakan, “Inovasi yang apa telah digagas oleh Pak Olan Hutagalung ini sebelumnya, Inshaa Allah akan kami jaga dan betul-betul akan kami laksanakan sehingga dapat membantu percepatan pelayanan terhadap masyarakat Pasaman yang membutuhkan.

Kedua : DEBAT (Datangi, Edukasi, Bantu, Terbitkan) dimana DPMPTSP lakukan pelayanan terhadap masyarakat, mendatangi masyarakat, mendekatkan jangkauan terhadap masyarakat, untuk membantu urusan proses, dan ini sudah berjalan, papar Yusnimar kembali dengan penuh semangat.

DPMPTSP telah melakukan uji coba pada awalnya 5 kecamatan, dan telah berjalan 4 kecamatan, Bonjol, Panti, Padang Gelugur, dan Rao, bahkan pada kegiatan itu Yusnimar ikut langsung mendatangi masyarakat, dan menyaksikan secara langsung antusias masyarakat dalam layanan itu, dimana sebelumnya mereka tidak tau menjadi tau. Jelasnya kembali pada forum undangan siang itu.

Dan akan menyusul kecamatan yang akan dikunjungi oleh DPMPTSP adalah kecamatan Tigo Nagari sehingga masyarakat dilayani disana dan tidak harus datang lagi ke Lubuk Sikaping, semuanya geratis, namun mereka semua melengkapi segala keperluan yang dibutuhkan. Jelas Yusnimar.

Drs. HASIOLAN HUTAGALUNG Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Kabupaten Pasaman sebagai inisiator lahirnya Inovasi Pelayanan Publik lewat KLIPP dan DEBAT yang sedang di lounching itu mengatakan, “Lounching Proyek Perubahan Diklat PIM II berupa KLIPP (Klinik Layanan Informasi Pembimbingan dan Perbantuan) OSS pada DPMPTSP Kabupaten Pasaman diharapkan dapat membantu pelayanan, perizinan, melalui sistem OSS”.

Bupati Pasaman H. YUSUF LUBIS. SH. M. Si dalam sambutannya mengatakan, “Saya menyambut baik sekaligus gembira atas terselenggaranya acara ini, karena layanan Perizinan berusaha merupakan agenda penting di era Pemerintahan saat ini, yang tertuang dalam 9 (sembilan) Program Nawacita, antara lain “Membangun tatakelola Pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis dan terpercaya, guna terwujudnya pelayanan publik yang efesien, responsif, dan non partisan”.

Dan bahkan Bupati menegaskan bahasanya dalam paparan itu, “birokrasi perizinan merupakan salah satu wujud pelayanan publik yang menjadi perhatian dalam tata kelola pemerintahan”. Masyarakat dan kalangan dunia usaha masih beranggapan bahwa proses perizinan berbelit-belit, prosedur yang tidak jelas, dan tenggang waktu penyelesaian izin yang tidak tepat waktu. (AEN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here