Dukung Sektor Perikanan, PLN Tambah Anjungan Listrik Mandiri di Ternate

TERNATE, RadarBangsa.co.id – Merespons tingginya kebutuhan listrik pelanggan sektor kelautan, PT PLN (Persero) terus menambah jumlah Anjungan Listrik Mandiri (Alma) di berbagai pelabuhan, termasuk di Pelabuhan Semut Mangga Dua, Kota Ternate, Maluku Utara.

Nahkoda KNP 3.24 Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) XXIV Maluku Utara, Rahman Nur Rizal, mengapresiasi langkah strategis PLN melalui pembangunan ALMA tersebut.

Bacaan Lainnya

“Dengan adanya sistem kelistrikan yang dapat mendukung operasional di pelabuhan dapat menjadi alternatif strategi dalam melakukan efisiensi sehingga tentunya dapat meningkatkan ekonomi masyarakat,” ucapnya.

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Ternate, Gamal Rizal Kambey menuturkan penambahan Alma di Kota Ternate ini merupakan upaya PLN dalam mendukung program Smart dan Green Sea Port di Kota Ternate yang dicanangkan Pemerintah Kota Ternate.

“Alma diharapkan menjadi sarana pendukung program yang disusun oleh pemerintah Kota Ternate. Selain itu, pembangunan tambahan Alma ini sebagai bentuk komitmen kami untuk mendukung efisiensi operasional para pelaku usaha transportasi kelautan saat berlabuh di pelabuhan dengan mengubah pola pemakaian berbasis mesin BBM menjadi berbasis listrik,” ujar Gamal.

Hingga saat ini, PLN telah menyediakan 16 unit ALMA di berbagai pelabuhan di Maluku dan Maluku Utara. Di antaranya yaitu 5 unit di Ambon, 4 unit di Maluku Tengah, 3 unit di Ternate dan 4 unit di Halmahera Selatan.

Pembangunan ALMA yang merupakan bagian dari program Electrifying Marine
ini lahir sebagai wujud nyata transformasi PLN pilar customer focus dan innovative dalam meningkatkan pelayanan listrik yang lebih mudah, terjangkau dan andal.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.