FEB Unesa Surabaya Mengabdi di Masa Pandemi : Dampingi Guru IPS Lewat Pelatihan Menulis Artikel Ilmiah

Tangkapan layar pelatihan penulisan karya ilmiah FEB Unesa kepada guru IPS di Jawa Timur secara daring

SURABAYA, RadarBangsa.co.id – Pandemi Covid-19 membawa dampak melemahnya perekonomian masyarakat Indonesia. Namun pandemi ini tidak boleh sampai menurunkan semangat peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Unesa melalui Tim PKM yang diketuai oleh Eka Hendi Andriansyah, dan beranggotakan Waspodo Tjipto Subroto, M. Abdul Ghofur, Albrian Fiky Prakoso, dan M. Arief Rafsanjani berupaya untuk dapat berperan dalam peningkatan kualitas pendidikan melalui peningkatan skill pendidik dalam penulisan karya Ilmiah.

Bacaan Lainnya

Eka Hendi menjelaskan, PKM-nya dengan judul, “Peningkatan Kemampuan Penulisan Karya Ilmiah dan Publish Journal Ilmiah dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru IPS di Jawa Timur”.

“Giat ini diharapkan dapat menambah kemampuan dan memotivasi pendidik dalam menyusun karya tulis Ilmiah. Kemampuan ini akan sangat bermanfaat bagi guru dalam mempersiapkan diri mereka menghadapi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang nantinya akan mereka lalui sebagai syarat kenaikan jabatan seorang pendidik,” terang Hendi. Senin, (06/9/2021).

Kondisi pandemi yang belum juga usai tidak meyulutkan semangat para guru IPS di Jawa Timur dan Tim PKM FEB Unesa untuk tetap melaksanakan pelatihan. Pelatihan dilaksanakan secara online dipilih agar kegiatan tetap dapat berjalan tanpa harus beresiko meningkatkan penyebaran virus corona.

Pelatihan dilakukan secara daring dengan menggunakan media Zoom dengan rangkaian acara pemaparan oleh Tim PKM FEB Unesa terkait Best Practice penelitian guru, pengantar metode penelitian, pengenalan journal nasional dan internasional, pengenalan Plagiarisme dan cara mengatasinya, Teknik Penulisan Artikel, Manajemen Referensi, dan Cara Submit Journal ke OJS yang dituju.

Rangkaian materi tersebut dilaksanakan secara teoritis dan praktek yang juga dilakukan secara Bersama oleh peserta dimulai tanggal 9 – 11 Agustus 2021.

Kegiatan selanjutnya pada tanggal 12 – 14 Agustus 2021, peserta diminta untuk mempraktekkan menulis/memperbaiki artikel ilmiah mereka dengan pendampingan oleh Tim PKM Unesa. Acara berlanjut pada tanggal 16 Agustus 2021 berupa pemaparan hasil review dan evaluasi hasil artikel yang sudah disusun oleh peserta.

“Antusiasme dapat ditunjukkan peserta pelatihan dengan keikutsertaan peserta yang cukup banyak, keaktifan bertanya peserta baik selama kegiatan online berlangsung melalui zoom ataupun pendampingan melalui WhatsApp group.

Pelatihan ini dilaksanakan dengan rangkaian acara penyajian materi ditujukan untuk seluruh guru IPS se Jawa Timur. Hasil artikel yang dibuat oleh peserta dan layak publish ke journal nasional menjadi target output dan outcome pelatihan ini,” imbuh Eka Hendi.

Kegiatan ini diharapkan dapat mengisi waktu guru selama Work From Home (WFH) disaat waktu senggangnya di luar jam mengajar dan kegiatan rumah dapat diisi dengan kegiatan bermanfaat untuk pengembangan diri dan nantinya untuk pengembangan jabatannya. Pandemi bukan suatu alasan mengembangkan diri dan meningkatkan kualitas di Indonesia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *