FKK Muktiharjo Kidul Semarang, Gelar Pelatihan Pemanfaatan Tanah Pekarangan Demi Ketahanan Pangan

SEMARANG, RadarBangsa.co.id – Ernawati, SE,MM, Lurah Muktiharjo Kidul Sofia hadiri pelatihan pemanfaatan tanah pekarangan rumah yang berlangsung di Posdaya RW VI Kelurahan Muktiharjo Kidul Pedurungan Kota Semarang, Minggu (25/9/2022).

Menurut Bu Erna panggilan akrab Sopia Ernawati, pemberdayaan keluarga lebih dulu
menjadi satu diantara alternatif mewujudkan kemandirian pangan dalam rumah tangga, kemudian ketahanan pangan dapat tumbuh dan berkembang.

Bacaan Lainnya

“Tanah pekarangan, bila dikelola dengan baik dan sungguh-sungguh sangat membantu kehidupan rumah tangga, baik dalam peningkatan penghasilan maupun perbaikan nutrisi keluarga,” kata Erna.

Erna juga menambahkan, masih banyak ditemui lahan kosong di sekitar rumah yang perlu dimanfaatkan secara maksimal dengan menanam sayuran sebagai salah satu bentuk ketahanan pangan.

“Ini pentingnya wawasan pendidikan dan ketrampilan dalam memanfaatkan dan mengelola tanah pekarangan,Kalau warga terampil mengelola tanah dengan menanam bayam, sawi, kacang panjang, tomat, cabe maupun jenis tanaman yang cocok ditanam di pekarangan, persoalan malnutrisi,” lanjutnya.

Selaku narasumber pelatihan, Pujiwati,SE,mengatakan sebenarnya sudah banyak dibentuk kelompok-kelompok dalam masyarakat, tapi perlu pemberdayaan dan menghidupkan kembali kelompok-kelompok rumah tangga yang dulu sudah terbentuk. epada ibu-ibu penggerak PKK se kelurahan Muktiharjo Kidul mari menanam sejumlah sayuran dengan memanfaatkan lahan pekarangan.

“Karena itu perlu pelatihan skill masyarakat cara berkebun dengan lahan seadanya. Seperti meletakkan tanaman di dalam pot, baik itu pot yang berukuran besar maupun pot yang berukuran kecil,” kata Puji.

Lebih jauh Pujiwati menjelaskan, budidaya sayuran dipekarangan rumah bukan merupakan hal baru di tengah masyarakat kita, namun menurutnya kebiasaan yang baik ini semakin ditinggalkan oleh masyarakat kita bahkan tidak mengherankan banyak pekarangan justru tidak dimanfaatkan dibiarkan terlantar dan gersang.

“Ayo kita giatkan lagi manfaatkan pekarangan rumah kita ini sebagai sumber sayur-sayuran, sumber pangan dan pendapatan keluarga,” urai Pujiwati.

Acara tersebut dihadiri Lurah Muktiharjo Kidul Sopia Ernawati SE MM, Kasie Kesos Dwi Setiarini S Sos, Ketua dan pengurus Forum Kesehatan Kelurahan (FKK), Ibu-ibu Kader PKK dan Ketua PKK RW se kelurahan Muktiharjo Kidul dan Puskesmas Tlogosari Kulon.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *