Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah Resmi Menjabat Ketua PERSADA

PASURUAN, RadarBangsa.co.id – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (Mas Ganjar) resmi menjabat Ketua Umum Persatuan Radio TV Publik Seluruh Indonesia (PERSADA).

Sebelumnya, jabatan tersebut diemban oleh Wali Kota Pasuruan, Syaifullah Yusuf (Gus Ipul), dan kini diserahkan ke Mas Ganjar di sela-sela kunjungannya ke Kota Pasuruan, Jumat (17/09/2021) pagi.

Bacaan Lainnya

Dari pantauan di lapangan, penyerahan jabatan Ketua Umum PERSADA digelar di Gedung Gradika Kota Pasuruan dan disiarkan langsung di seluruh anggota Indonesia PERSADA.

Menurut Ganjar, setelah mendapat kepercayaan sebagai Ketua Umum, ia mengaku sudah memiliki gambaran tentang sejumlah pekerjaan rumah (PR) untuk memajukan PERSADA. Mulai dari kelembagaan, SDM, konten kreasi hingga adaptasi dengan tren atau kondisi kekinian.

“Kalau dari Gus Ipul sudah jelas, karena sudah ketemu pengurus Indonesia Persada. Ada beberapa PR mulai dari kelembagaan, SDM, bicara konten dan kreasi dan adaptasi dengan kondisi sekarang,” kata Ganjar, sesaat setelah acara selesai dilakukan.

Dengan semua PR tersebut, Ganjar menegaskan bahwa harus ada peran pemerintah daerah sehingga semua radio yang tergabung dalam PERSADA bisa terus berlari untuk menyiarkan segala informasi yang “baik”.

“Harus ada dukungan penuh dari Pemda, baik di tingkat kabupaten, kota atau provinsi. Kalau sudah didukung, maka tinggal jalan aja,” jelasnya.

Ganjar lantas mencontohkan, ada beberapa daerah yang mengeluh tidak bisa siaran karena sinyalnya tidak ada. Dari satu permasalahan tersebut, Pemda harus bisa menggandeng provider tertentu sehingga permasalahan bisa langsung terselesaikan.

“Saya pernah ada kasus gitu, langsung telpon Pak Menteri, seminggu beres,” singkatnya.

Selanjutnya, kata Ganjar, jajaran anggota PERSADA perlu dilatih untuk peningkatan kinerja agar lebih profesional seperti RRI (Radio Republik Indonesia) atau TVRI (televisi republik indonesia).

“Kemarin fundamentalnya sudah diletakkan Gus Ipul, ke depan kami akan koordinasi dengan TVRI, RRI, Dewan Pers. Intinya, adaptasi teknologi,” ungkapnya.

Di sisi lain, Walikota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menyebut Ganjar Pranowo adalah sosok yang tepat untuk menjabat Ketua PERSADA.

“Selama ini, beliau tak pernah lelah menyemarakkan radio. Setiap ke luar daerah, beliau selalu menyempatkan dan mampir ke kantor radio milik pemerintah,” lanjutnya.

Sementara itu, Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf yang juga hadir dalam kunjungan Gubernur Ganjar menyebut, Pemkab Pasuruan punya Radio Suara Pasuruan yang tak henti memberikan banyak informasi dan hiburan yang dinanti “Pasuruan People”, sebutan panggilan pendengar setia radio yang dulunya bernama RKPD (Radio Khusus Pemerintah Daerah).

“Kami punya Suara Pasuruan yang programnya sangat bagus. Banyak informasi yang diberikan. Bukan hanya kegiatan pemerintahan, tapi juga kearifan lokal, banyak talkshow menarik dan musik atau lagu yang mengikuti jaman,” tutupnya. (***/Adk)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *