Gerak Cepat Team Siluman Reskoba Polres Pasuruan Berhasil Mengamankan Pengguna Narkoba

Lima pelaku narkoba yang diamankan Reskoba Polres Pasuruan secara maraton (Dok Foto IST)

PASURUAN, RadarBangsa.co.id – Dalam rangka menciptakan wilayah yang bersih dari peredaran barang haram berupa Narkoba, Satuan Reserse Narkoba Polres Pasuruan berhasil menangkap pelaku penyalahgunaan Narkotika secara maraton

Kapolres Pasuruan AKBP Erick Frendriz, S.I.K., M.Si. melalui Kasat Narkoba Polres Pasuruan AKP Slamet Wahyudi, S.H., M.H. mengatakan bahwa pihaknya pada hari Sabtu tanggal 18 Juni 2022, mendapatkan informasi di Dsa Oro-oro Ombo Kulon, Kecamatan Rembang, Pasuruan, diduga terjadi transaksi penyalahgunaan Narkotika golongan I jenis Sabu. Rabu (29/6/2022).

Bacaan Lainnya

Dengan gerak cepat anggota Sat Resnarkoba Polres Pasuruan menindaklanjuti informasi tersebut dan melakukan penyelidikan, dan berhasil mengamankan seorang pria berinisial AZ (20), pelaku ditangkap didalam rumah kontrakanya di Desa Oro-oro Ombo Kulon.

Dari hasil penangkapan tersebut ditemukan sejumlah barang bukti, satu kantong plastik yang berisi Sabu dengan berat kotor keseluruhan 0,72 gram, dan satu buah Hp Merk Samsung warna hitam beserta simcardnya, satu buah alat hisap/Bong yang terhubung 2 sedotan warna putih, Satu buah korek api warna hijau.terangnya

Sebelumnya, Sat Resnarkoba Polres Pasuruan juga berhasil menangkap pria dengan inisial AS (22), warga Gempol yang diduga sebagai pelaku penyalahgunaan Narkotika Jenis Sabu.yang berhasil diamankan dirumahnya dengan barang bukti delapan kantong plastik yang Sabu dengan berat kotor masing-masing (0,24, 0,24, 0,24, 0,25, 0,27, 0,27, 0,27, 2,05) gram, Satu buah dompet warna merah dan alat hisap dan pada tanggal 13 Juni juga mengamankan seorang pemandu karaoke ditempat kontrakanya SW (29) warga Lawang Kabupaten Malang dan barang bukti yang diamankan dua kantong plastik berisi Sabu seberat 0,93 gram, dua Hp merk Samsung dan Xiomi. Atas perbuatannya, para pelaku dari ketiga kasus tersebut dikenakan Pasal 114 ayat (1) atau Pasal 112 ayat (1) UU RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika.Tambahnya

Lebih lanjut AKP Slamet , pihaknya terhitung sejak selama dua bulan terakhir telah mengungkap 5 kasus penyalahgunaan Narkotika seperti yang terjadi pada hari Sabtu tanggal 11 Juni 2022 sekira pukul 23.00 WIB. Satresnarkoba Polres Pasuruan telah mengamankan dua orang pria yang diduga terlibat tindak pidana penyalahgunaan Narkoba jenis Sabu dan Pil Koplo logo Y.

Kedua pelaku tersebut berinisial MJA (34) seorang Sopir Elf warga . Sukorejo, dan YE (29) seorang Kuli bangunan warga Purwosari.

Kedua pelaku tertangkap pada pukul 23.00 WIB, dan ditemukan sejumlah barang bukti berupa Satu kantong plastik berisi Sabu seberat 1,10 gram, Sepuluh botol obat berisi pil logo Y berjumlah 10.000 butir, Satu buah Scrop dari sedotan plastik, Satu buah timbangan elektrik warna silver, Satu buah dompet berwarna coklat, Dua buah Hp merek Oppo dan Xiomi.

Dan sebulan sebelumnya, pada pada hari Selasa, 24 Mei 2022, sekitar pukul 17.00 WIB., juga berhasil mengamankan seorang Pria berinisial NH (38), warga Sukorejo dirumahnya yang diduga mengedarkan narkoba jenis tablet loggo Y dan logo LL.dengan barang bukti yakni, dua dus berisi 302 plastik yang berisi Pil Koplo logo ”LL”, setiap plastik berisi 1000 butir Pil Koplo logo ”LL”, dengan total jumlah keseluruhan berisi 302.000 butir Pil Koplo logo ”LL”, Sepuluh dus berisi 337 kaleng yang berisi Pil Koplo logo ”Y” setiap kaleng berisi 1000 butir Pil Koplo logo ”Y”, dengan total jumlah keseluruhan berisi 337.000 butir Pil Koplo logo ”Y”, serta petugas juga menemukan Satu buah Hp merk Oppo dan Uang senilai Rp.500.000,” lanjutnya.

Para pelaku kasus tersebut dijerat dengan Pasal 114 ayat (1) atau Pasal 112 ayat (1) UU RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika atau Pasal 197 Sub Pasal 196 UU RI No. 36 tahun 2009 tentang kesehatan.

Dari lima kejadian diatas, Kapolres Pasuruan melalui Kasat Resnarkoba Polres Pasuruan menghimbau dan meminta kepada masyarakat di wilayah Kab. Pasuruan untuk menjauhi dan memerangi segala bentuk dan jenis peredaran Narkoba.

“Selain bisa merusak kesehatan tubuh, penyalahgunaan narkoba juga termasuk perbuatan yang melanggar hukum dan diharamkan oleh Agama, mari kita semua bersama-sama memerangi Narkoba terutama di wilayah Kab. Pasuruan agar tercipta Kab. Pasuruan yang aman dan bersih dari penyalahgunaan Narkoba.” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.